Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Ikut Demo May Day di Surabaya

Kompas.com - 01/05/2013, 12:59 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, mengikuti perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/5/2013). Perempuan yang akrab disapa Oneng tersebut dijadwalkan berbaur di tengah para buruh untuk berorasi di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Kedatangan Oneng, kata Koordinator Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Jatim, sudah lama diharapkan oleh para buruh di Jatim. ''Diharapkan, dia akan menjadi inspirasi perjuangan buruh di Jatim,'' katanya.

Sementara itu, sampai siang ini, ribuan buruh dari berbagai elemen, seperti FSPMI, KASBI, dan SPSI, sudah mulai berdatangan di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Sebagian dari mereka sudah mulai berorasi dan menyanyikan lagu perjuangan buruh.

Ratusan petugas keamanan bersenjata lengkap dengan mobil water cannon sudah siaga sejak pagi hari untuk mengamankan aksi buruh di depan Gedung Negara Grahadi. Karena aksi buruh ini, Jalan Gubernur Suryo ditutup total.

Isu sentral yang didengungkan pada May Day kali ini ialah mendesak pemerintah merealisasikan upah layak nasional, menghapus sistem kerja outsourcing, menjalankan jaminan sosial, dan mendesak Pemerintah Provinsi Jatim untuk merealisasikan upah minimum sektoral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com