Kompas.com - 14/06/2013, 17:55 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara Pekan Produk Kreatif Daerah atau PPKD 2013 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, resmi dibuka, Jumat (14/6/2013) sore. pengunjungnya banyak, tetapi suasananya panas-dingin.

Pantauan Kompas.com, ribuan orang mulai memadati lokasi acara yang disebut-sebut sebagai embrio pesta rakyat Jakarta itu. PPKD diselenggarakan di pelataran Monas dekat patung kuda Arjuna Wijaya. Ada tiga area dalam acara itu. Area pertama ditempati oleh 140 usaha kecil menengah yang menggelar pameran di dalam tenda. Area kedua menyambung dengan area pertama, yakni kursi bagi pengunjung yang menghadap panggung utama sebagai area ketiga.

Perbedaan suhu sangat terasa antara area usaha kecil dan area lain. Di dalam tenda seluas setengah lapangan bola yang ditempati usaha-usaha kecil, ribuan pengunjung berkeringat sambil mengipasi wajahnya. Sementara itu, di area kursi penonton, suasananya lebih sejuk.

"Di dalam ada standing AC, tapi mati. Makanya, enakan di sini (area kedua)," ujar Ayu Prima (23), salah satu karyawan yang menjadi pengunjung.

Kondisi tersebut menyebabkan pengunjung tak betah berlama-lama di area usaha kecil dan menengah. Mereka memilih berdesak-desakan ke bangku pengunjung sambil melihat-lihat panggung utama. Di panggung itulah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberikan sambutannya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebut PPKD ini sebagai uji coba digelarnya pesta rakyat Jakarta. Pesta rakyat akan diselenggarakan mulai tahun depan.

Pengunjung di acara PPKD ini tidak dipungut biaya. Acara itu dimeriahkan dengan workshop, akrobat jalanan, parade Nona Jamu, teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, tari-tarian, dan wayang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.