Masalah Utang Piutang, Napi di Rutan Cipinang Bersitegang

Kompas.com - 19/07/2013, 02:29 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Karutan Kelas I Cipinang Rochidam menjelaskan, kejadian insiden dua napi yang bersitegang masalah utang  piutang.
JAKARTA, KOMPAS.com — Suasana di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (18/7/2013) sekitar pukul 18.30 WIB, sempat menjadi tegang lantaran masalah utang piutang yang melibatkan napi, U dan R, serta pihak luar. Petugas berhasil mencegah perselisihan itu berkembang menjadi kontak fisik.

Menurut Kepala Rutan Kelas I Cipinang Rochkidam, R berutang terhadap U, sementara U berutang terhadap seseorang di luar rutan. Pada Kamis (18/7/2013), seseorang datang menagih utang kepada U. U kemudian menagih utang kepada R.

R dan U kemudian berselisih. Setelahnya, U meminta bantuan kepada seorang penghuni rutan lain untuk menghadapi penagih utang itu.

"Dari luar nagih ke dalam ke si U, otomatis dia kan minta bekingan dari kelompok itu," kata Rochkidam.


Karena berasal dari daerah yang sama dengan penagih utang itu, orang tersebut menolak ikut campur dalam masalah itu. Belakangan, pihak yang dimintai bantuan itu malah ikut menenangkan keadaan.

"Justru mereka membantu kita meredam, mereka melerai," ujar Rockhidam.

Setelah kejadian itu, menurut Rochkidam, U dan tiga orang lain dipindahkan ke Lapas Narkotika Cipinang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorTjatur Wiharyo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X