Kompas.com - 30/03/2017, 14:09 WIB
|
EditorDian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta tetap mengoperasikan armadanya seperti biasa pada Jumat (31/3/2017) besok. Sejumlah area di Jakarta diprediksi akan dipadati massa karena ada Aksi 313 yang dilakukan untuk menuntut Basuki Tjahaja Purnama diberhentikan dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Transjakarta tetap beroperasi normal. Karena kalau kami stop, akan menganggu pelayanan kepada masyarakat. Bila ada pengalihan, itu bersifat situasional," kata Humas PT Transjakarta Wibowo saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/3/2017).

Wibowo menjelaskan, pihaknya di bidang operasional masih meramu skema pengalihan jika situasi jalan besok tidak memungkinkan untuk dilewati. Meski begitu, dia memastikan layanan bus transjakarta di semua koridor tidak ada yang berubah.

Baca: Ada Aksi 313, KRL Tetap Beroperasi Normal

Aksi 313 rencananya akan diawali dengan shalat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, dan diakhiri dengan shalat maghrib berjamaah.

"Untuk aksi yaitu long march dari Masjid Istiqlal ke Istana dengan melalui Jalan Medan Merdeka Timur, belok kanan Jalan Merdeka Selatan, lewat Balai Kota, kemudian Bundaran Patung Kuda belok kanan lagi lewat Jalan Medan Merdeka Barat sampai depan Istana," kata Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath, tadi siang.

Al-Khaththath berharap Istana akan membuka pintunya bagi delegasi yang disiapkan. Jika Presiden Joko Widodo berkenan menemui mereka, mereka akan meminta agar Presiden mencopot Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Aksi diperkirakan akan berlangsung hingga petang, diakhiri dengan pengerahan massa ke Masjid Istiqlal lagi untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah.

Baca: FUI: Aksi 313 Akan Diikuti 100.000 Orang dari Berbagai Daerah

Kompas TV Menurut rencana, aksi massa akan diawali pada Kamis (30/3) siang dari gerakan Mahasiswa Pemuda Bela Bangsa dan Rakyat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.