Usulan Penyadang Disabilitas untuk Pelayanan Transjakarta Cares

Kompas.com - 17/04/2017, 17:25 WIB
Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono bersama para penyandang disabilitas di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/4/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono bersama para penyandang disabilitas di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/4/2017).
Penulis Jessi Carina
|
EditorDian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta mengumpulkan ratusan penyandang disabilitas di Balai Kota DKI Jakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan acara itu untuk menampung usulan-usulan dari penyandang disabilitas terhadap pelayanan Transjakarta Cares selama ini.

Salah seorang penyandang disabilitas, Dimas Prasetyo, terbantu dengan adanya Transjakarta Cares ini. Namun, saat ini jumlah mobil yang tersedia masih sangat terbatas.

"Usul saya kalau kita tidak mendapatkan unit Transjakarta Cares, mungkin kami bisa meminta pendampingan saja saat di halte. Jadi ada petugas yang membantu kami di halte dan bus terutama saat transit," ujar Dimas di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/3/2017).

Dimas mengatakan sebagian penyandang disabilitas masih bisa mencapai halte Transjakarta dengan transportasi lain seperti ojek online.

Baca: PT Transjakarta Datangkan 300 Bus Ramah Disabilitas

Mereka hanya membutuhkan pendamping untuk membantu mereka selama berada di dalam bus. Adapun, pelayanan Transjakarta Cares biasanya menjemput pelanggan langsung dari rumah mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyandang disabilitas akan diantar oleh petugas Transjakarta Cares menuju halte terdekat untuk melanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta.

Penyandang disabilitas lain mengusulkan agar pendamping mereka juga diberi fasilitas kartu gratis naik bus Transjakarta.

Selama ini, PT Transjakarta sudah memberikan fasilitas kartu gratis Transjakarta untuk beberapa golongan warga seperti lansia dan penyandang disabilitas. Mereka berharap warga yang mendampingi aktivitas penyandang disabilitas juga memiliki kartu tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.