Akan Dilintasi Kereta Bandara, Begini Penampakan Stasiun Sudirman Baru - Kompas.com

Akan Dilintasi Kereta Bandara, Begini Penampakan Stasiun Sudirman Baru

Kompas.com - 28/11/2017, 16:30 WIB
Penampakan Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Penampakan Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Sudirman Baru di Jakarta Pusat rencananya mulai beroperasi pada awal Desember 2017 mendatang. Stasiun ini akan dilintasi kereta Bandara Soekarno-Hatta

Sebelum dioperasikan, Kompas.com berkesempatan untuk mengunjungi dan berjalan-jalan di stasiun tersebut.

Pantauan Kompas.com pada Selasa (28/11/2017), stasiun ini terdiri dari tiga bagian, yakni peron, lantai dasar, dan lantai atas.

Di lantai dasar, sejumlah fasilitas penunjang stasiun seperti eskalator, mesin tap in dan tap out, dua area duduk buat penumpang, dan lift sudah terpasang. 

Terdapat empat eskalator di Stasiun Sudirman Baru. Dua eskalator untuk naik dan turun ke peron dan dua lainnya untuk naik dan turun lantai dasar ke lantai atas atau sebaliknya. 

Di lantai atas, beberapa penyelesaian juga tengah dilakukan termasuk memasang beberapa peralatan mebel seperti meja kayu, kursi, dan sofa.

Lantai atas Stasiun Sudirman Baru juga akan digunakan untuk operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki panjang 240 meter dan lebar 32 meter.

 Baca juga : Awal Pengoperasian Desember, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Digratiskan 

 

Penampakan Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Penampakan Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).

Stasiun Sudirman Baru memiliki panjang 520 meter dengan lebar 32 meter, termasuk lahan parkir dan bank induk. Stasiun ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari Stasiun Sudirman yang lama. 

Adapun progres pembangunan Stasiun Sudirman Baru diklaim Direktorat Jenderal Perekertaapian Kemenhub sudah mencapai 96 persen.

Beberapa pekerja terlihat tengah mengecat sebagian area Stasiun Sudirman Baru.
Tak ketinggalan pula para petugas kebersihan mengepel lantai yang masih dipenuhi debu sisa proses konstruksi.

Bukan hanya di bagian dalam, bagian luar juga terus diselesaikan pengerjaannya seperti pemasangan turap dan pagar di dekat peron Stasiun Sudirman Baru.

KA Bandara Soekarno Hatta dengan rangkaian enam gerbong tiba di Stasiun Sudirman Baru. KA tersebut diuji coba dengan rangkaian penuh untuj kedua kalinya pada Selasa (28/11/2017).Kompas.com/Yoga Hastyadi Widiartanto KA Bandara Soekarno Hatta dengan rangkaian enam gerbong tiba di Stasiun Sudirman Baru. KA tersebut diuji coba dengan rangkaian penuh untuj kedua kalinya pada Selasa (28/11/2017).

Kurang dari sepekan lagi, Stasiun Sudirman Baru akan menjadi awal keberangkatan kereta Bandara Soekarno-Hatta untuk sementara. Sebab, Stasiun Manggarai masih dalam tahap perbaikan.

Baca juga : Beroperasi Akhir 2017, Tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta Maksimal Rp 100.000

"Kapasitas penumpang (kereta Bandara Soekarno Hatta) 272 orang dikali 6 kereta (gerbong), kapasitas bangunan berarti harus bisa menampung," ucap Direktur Logistik dan Pengembangan KAI Budi Noviantoro, saat uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta, Oktober silam.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta ini masih diuji coba oleh Kemenhub dan PT KAI. Setelah beroperasi, nantinya pada satu bulan pertama atau selama Desember 2017, harga tiketnya masih dalam promosi menjadi hanya Rp 30 ribu dari harga normal sekitar Rp 100 ribu untuk setiap perjalanan.

Simak video Stasiun Sudirman Baru di sini:


EditorDian Maharani
Close Ads X