Sandiaga: Gaji Guru di DKI Ternyata Enggak Kalah sama Finlandia - Kompas.com

Sandiaga: Gaji Guru di DKI Ternyata Enggak Kalah sama Finlandia

Kompas.com - 11/01/2018, 16:59 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (10/1/2018) malam.KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (10/1/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, gaji guru di Jakarta ada yang mencapai Rp 31 juta per bulan. Sandi menyebut gaji tersebut tidak kalah dengan gaji guru-guru di Finlandia.

" Guru-guru gajinya di DKI ternyata enggak kalah sama Finlandia. Jadi, guru saya lihat di sana standarnya adalah sekitar Rp 31 juta per bulan. Ternyata guru-guru kita yang terbaik sudah segitu juga (gajinya)," ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Sandiaga menyampaikan hal tersebut seusai bertemu dengan tokoh pendidikan Nanat Fatah Natsir dan Andi Faisal Bakti. Mereka membahas kondisi pendidikan termutakhir di dunia. Salah satu yang dibahas yakni pola pendidikan di Finlandia.

"Karena sekarang yang paling bagus pendidikan di seluruh dunia itu di Finlandia," kata dia.

Baca juga : Kisah Guru-guru Bergaji Rp 1.000 Per Hari di Bengkulu

Salah satu pola yang diterapkan di Finlandia yakni batasan bawah usia anak didik dan adanya waktu tidur siang untuk siswa antara pukul 12.00-14.00. Waktu tidur siang tersebut, lanjut Sandiaga, baik untuk pendidikan anak. Hal itu belum diterapkan di Jakarta.

"Yang lain sudah banyak dijalankan di DKI, seperti anak SD harus 7 tahun, enggak boleh lebih di bawah itu," ucap Sandiaga.

Menurut Sandiaga, Nanat dan Andi memberikan banyak masukan untuk pendidikan di Jakarta. Sandiaga akan menyampaikan masukan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga : Gaji Guru PNS di DKI Maksimal Rp 14 Juta Sebulan


EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X