Anies-Sandiaga Akan Terbitkan Pergub Kemudahan Perizinan UMKM - Kompas.com

Anies-Sandiaga Akan Terbitkan Pergub Kemudahan Perizinan UMKM

Kompas.com - 13/01/2018, 19:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno saat memberikan  sambutan di acara nikah massal di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017). Nikah massal yang diadakan oleh pemerintah DKI Jakarta ini diikuti sebanyak 437 pasangan pengantin dari berbagai usia.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno saat memberikan sambutan di acara nikah massal di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017). Nikah massal yang diadakan oleh pemerintah DKI Jakarta ini diikuti sebanyak 437 pasangan pengantin dari berbagai usia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan menerbitkan peraturan gubernur (pergub) untuk memudahkan perizinan usaha bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM). Sandiaga mengatakan, selama ini perizinan usaha bagi pelaku UMKM masih sulit.

"Rata-rata mereka mau buka salon atau kuliner, terbentur zonasinya. Jadi, pergubnya ini kami harapkan bisa menyelesaikan sementara permasalahan perizinan bagi UMKM," ujar Sandiaga di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Sandiaga belum mau menjelaskan detail kemudahan perizinan yang dimaksud. Ia menyebut pergub itu akan diterbitkan dan disosialisasikan akhir Januari 2018.

Baca juga: Tak Hanya Dinas UMKM, SKPD Lain Diminta Turun Tangan Ramaikan Lokbin Kota Intan

"Ide besarnya adalah memudahkan perizinan bagi usaha mikro, kecil, menengah. Nanti detailnya akhir bulan kami akan sosialisasikan," katanya.

Pergub ini juga bertujuan menyukseskan program kewirausahaan OK OCE yang digagas Anies-Sandiaga. Melalui pergub tersebut, peserta OK OCE akan dibantu mendapatkan izin usaha dengan mudah.

"OK OCE kan ada satu konsepnya itu garasi inovasi di mana di setiap kecamatan, permasalahan mengenai perizinan dan permasalahan mengenai licensing, permit, dan lain sebagainya itu kami kumpulkan," ucap Sandiaga.

Kompas TV Pengelolaan program ini sepenuhnya di tangan Dinas Koperasi dan UMKM.


EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X