Libur Panjang Akhir Pekan, PT KAI Operasikan 11 KA Tambahan

Kompas.com - 16/04/2019, 08:51 WIB
Keramaian penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sudah mulai terlihat, Jumat (8/6/2018).  Sejumlah tempat duduk di ruang tunggu tampak penuh sehingga membuat penumpang lainnya harus berlesehan di lantai. Kondisi serupa juga terlihat saat Kompas.com mendatangi  Stasiun Gambir, Kamis (7/6/2018) malam. KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Keramaian penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sudah mulai terlihat, Jumat (8/6/2018). Sejumlah tempat duduk di ruang tunggu tampak penuh sehingga membuat penumpang lainnya harus berlesehan di lantai. Kondisi serupa juga terlihat saat Kompas.com mendatangi Stasiun Gambir, Kamis (7/6/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 11 kereta api (KA) tambahan dalam menyambut libur panjang peringatan wafat Yesus Kristus atau Isa Almasih pada Jumat (19/4/2019) mendatang.

Kepala Humas PT KAI Daop1 Eva Chairunisa mengatakan, setiap hari ada 5.521 tempat duduk tambahan yang disediakan PT KAI hingga hari Minggu mendatang.

"Ada 5.512 tempat duduk (seat) maksimal per harinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA," kata Eva dalam keterangan tertulis, Selasa ini.

Baca juga: Siap-siap, Mulai 6 April, 29.456 Kursi KA Tambahan Lebaran Dijual Tiap Hari


Eva menambahkan, 11 KA tambahan yang dioperasikan itu untuk tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo. Delapan kereta diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan tiga kereta diberangkatkan dan Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, untuk KA reguler, per hari telah disediakan total 34.804 seat dari 58 KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Eva mengatakan, penambahan kereta ditujukan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang yang ingin berlibur pasa akhir pekan ini.

"Tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai antara tanggal 15-21 April mencapai 76 persen, dimana pada tanggal 16-18 April sudah melebihi 90 persen. Sementara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan," kata Eva.

Eva menyebutkan, pembelian tiket dapat dilakukan melalui melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, call center 121, serta channel eksternal resmi lainnya yang telah bekerjasama dengan PT KAI.

Pembelian tiket melalui loket di stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X