Jelang Ramadhan 2021, Anies Ingatkan Warga Jakarta Selalu Taat Protokol Kesehatan

Kompas.com - 11/04/2021, 22:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses vaksinasi Covid-19 untuk kelompok wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/4/2021) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses vaksinasi Covid-19 untuk kelompok wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/4/2021)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengingatkan warga Jakarta untuk taat protokol kesehatan saat memilih beribadah di masjid.

Dia mengatakan agar warga mengingat empat hal utama sebelum mendatangi masjid.

"Pertama, bila merasa kurang sehat sebaiknya tetap beribadah di rumah saja," kata Anies dalam keterangan foto yang diunggah di akun instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (11/4/2021).

Sedangkan yang kedua adalah meminta warga menggunakan masker dalam kegiatan ibadah apapun dan di mana pun. Bahkan tidak hanya saat berada di masjid saja.

"Ketiga, selalu menjaga jarak, ikuti penanda yang telah disiapkan di lantai (masjid)," kata Anies.

Terakhir, Anies meminta agar seluruh warga memperhatikan kapasitas jamaah maksimal 50 persen dalam masjid.

Baca juga: Cara Cek Jadwal Puasa Ramadhan 2021 di Seluruh Indonesia

"Bila sudah melebihi (kapasitas 50 persen) jangan memaksakan masuk," kata Anies.

Anies berujar, jika empat prinsip yang sudah dia sebutkan tadi dijalankan, semua warga bisa menikmati Ramadhan dengan kemenangan di akhir perjuangan puasa sebulan penuh.

"Insya Allah kita akan menang lebih jauh lagi dalam mengendalikan Covid-19," kata Anies.

Dia juga mengajak semua orang untuk membersihkan setiap tempat ibadah sebagai bentuk upaya pencegahan penanganan Covid-19 dengan cara hidup bersih dan sehat.

Bentuk bersih-bersih rumah ibadah adalah implementasi agar setiap orang bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman sekaligus melindungi sesama keluarga.

Anies juga mengajak warga Jakarta untuk menikmati Ramadhan dengan shalat tarawih berjemaah kembali di masjid seperti tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda.

"Mari jangan sia-siakan bulan penuh berkah ini dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X