Kualitas Udara Jakarta dan Tangerang Tidak Sehat Pagi Ini, Depok-Bekasi Berstatus Baik

Kompas.com - 13/08/2021, 09:48 WIB
Polusi udara terlihat di langit Ibu Kota Jakarta, Selasa (8/6/2021). Melalui platform pengukur kualitas udara Iqair.com yang merilis kualitas udara, Jakarta masuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati urutan ke 4. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPolusi udara terlihat di langit Ibu Kota Jakarta, Selasa (8/6/2021). Melalui platform pengukur kualitas udara Iqair.com yang merilis kualitas udara, Jakarta masuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati urutan ke 4.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan platform kualitas udara IQair.com pada Jumat (13/8/2021) pukul 09.13 WIB, kualitas udara di Jakarta dan Tangerang berstatus tidak sehat.

Jakarta seperti biasa masih ditandai warna oranye alias memiliki kualitas udara yang tidak sehat bagi kelompok orang dengan kesehatan yang sensitif.

Pagi ini, konsentrasi sebaran PM 2,5 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron di Jakarta dilaporkan sebesar 51,7 mikrogram per meter kubik.

Jika dilihat dari baku mutu udara ambien standar dunia WHO, yakni 25 mikrogram per meter kubik, maka angka konsentrasi PM 2,5 di Jakarta pagi ini terhitung jauh melewat batas aman.

Dengan demikian, situs IQair memasang status berwarna oranye untuk kualitas udara Jakarta yang sekaligus terburuk ke-10 dunia pagi ini.

Baca juga: Greenpeace Indonesia: Kualitas Udara di Jakarta Memburuk Selama PPKM Darurat Juli 2021

Namun, jika mengikuti standar harian nasional, yakni 65 mikrogram per meter kubik, maka angka kualitas udara Jakarta masih termasuk aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kualitas udara di Kota Tangerang juga berstatus oranye. Dilaporkan, konsentrasi sebaran PM 2,5 di Tangerang mencapai 38,2 mikrogram per meter kubik.

Dengan demikian, kualitas udara di Jakarta dan Kota Tangerang dinilai tidak sehat dan berisiko mengakibatkan gangguan pada paru-paru dan jantung, terutama pada kelompok sensitif dengan risiko tinggi.

Baca juga: Lokasi Vaksinasi Covid-19 Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi di Jakarta, Jumat 13 Agustus 2021

Di sisi lain, Kota Depok dan Kota Bekasi memiliki konsentrasi PM 2,5 jauh di bawah batas yang ditentukan. Masing-masing dilaporkan sebesar 9,3 dan 9,6 mikrogram per meter kubik saja. Keduanya ditandai warna hijau.

Sementara itu, Kota Bogor dan Kota Tangerang Selatan berstatus sedang dengan warna kuning. Keduanya berada sedikit di atas ambang batas WHO. Masing-masing memiliki konsentrasi PM 2,5 sebesar 28,7 dan 31,2 mikrogram per meter kubik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.