Ahok: Tukang "Bully" Biasanya Anak Orang Kaya - Kompas.com

Ahok: Tukang "Bully" Biasanya Anak Orang Kaya

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 23/09/2014, 11:04 WIB
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kala menikmati makan siang bersama wartawan Kompas.com di Kantor Gubernur, Jumat (29/8/2014)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku Pemprov DKI tidak punya pilihan memberhentikan 13 siswa SMA Negeri 70, Bulungan, Jakarta Selatan. Mereka terbukti mendapat poin tertinggi karena melanggar peraturan dan tata tertib sekolah. Salah satu peraturan yang dilanggar adalah larangan melakukan tindak kekerasan.

"Saya pikir ini anak-anak mampu ya yang tukang bullying ini, mending anda semua sekolah di swasta, deh. Jangan bersekolah di (sekolah) negeri," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, tidak seharusnya pemerintah memberi subsidi pendidikan gratis kepada siswa-siswi dari keluarga mampu, namun hanya melakukan kekerasan pada rekannya. Terlebih, sekolah negeri di Jakarta terbatas. Kursi di sekolah negeri ini, lanjut dia, lebih layak ditempati oleh anak-anak yang memang bersungguh-sungguh ingin menuntut ilmu.

"Kami (DKI) masih ada 40 persen anak usia 16-18 tahun yang tidak sekolah, sedangkan sekolah negeri kami terbatas. Sekolah negeri ini kan tidak perlu bayar, jadi tukang bully mending pindah ke sekolah swasta saja," kata Basuki.

Aksi bullying atau perpeloncoan senior terhadap junior tampaknya sudah menjadi tradisi di SMA Negeri 70, Bulungan. Tradisi yang dilakukan di luar sekolah itu dilakukan turun temurun. Selain itu tak jarang, siswa nya melakukan tawuran dengan sekolah lain yang tak jauh lokasinya, SMA Negeri 6.

Ketiga belas siswa kelas XII SMA Negeri 70 itu dikeluarkan dari sekolah karena aksi bullying terhadap juniornya hingga luka-luka. Aksi bullying itu dilakukan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

PenulisKurnia Sari Aziza
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM