Festival Palang Pintu Kembali Digelar untuk Meriahkan HUT DKI Jakarta - Kompas.com

Festival Palang Pintu Kembali Digelar untuk Meriahkan HUT DKI Jakarta

Kompas.com - 27/05/2016, 19:57 WIB
LUCKY PRANSISKA Pekerja ekspatriat berfoto dengan penari lenggang nyai di acara Festival Palang Pintu di Jalan Kemang, Jakarta, Sabtu (8/6/2013). Festival budaya dan kuliner Betawi tersebut telah diselenggarakan kedelapan kalinya dalam rangka HUT ke-486 DKI Jakarta dan akan berlangsung 8-9 Juni 2013. KOMPAS/LUCKY PRANSISKA


JAKARTA, KOMPAS.com -  Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-489 akan dimeriahkan Festival Palang Pintu Kemang XI kembali digelar pada 28-29 Mei 2016.
Festival tersebut akan menampilkan budaya Betawi di sepanjang Jalan Kemang Raya pada pukul 08.00 -  22.00.

Festival Palang Pintu ke XI itu panitia masih mempertahankan Lomba Palang Pintu yang memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta. Tahun ini, festival itu disebut akan lebih meriah karena digelarnya lomba kreasi jurus silat yang akan memperebutkan piala Menteri Pemuda dan Olah Raga.

"Tujuan acara ini adalah untuk melestarikan kebudayaan Betawi. Selain itu untuk menjalin silaturahmi para pelaku seni budaya Betawi, dan tentu saja dalam rangka menyambut HUT Jakarta ke-489," ujar Ketua Panitia Festival Palang Pintu, Ridwan Nazar, Jumat (27/5/2016).

Dalam festival tersebut akan didirikan dua panggung  utama dan sekitar 270 booth yang didominasi stan kuliner. Kedua panggung itu akan diisi oleh penampilan tari-tarian, musik, kebudayaan Betawi Samrah hingga Sohibul Hikayat. 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, direncanakan hadir dalam festival tersebut.

Adapun masyarakat yang hendak berkunjung ke acara itu dapat menitipkan kendaraannya di kantong-kantong parkir di sekitar pintu masuk yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Sementara itu, mengenai pengalihan arus lalu lintas terkait acara ini, Kasudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan, Christianto, mengatakan bahwa unitnya sudah siap untuk mulai melakukan penutupan pada Jumat (27/5/2016) malam. 


Berikut adalah rute pengalihan arus selama Festival Palang Pintu berlangsung: 

Arus lalu lintas dari arah Kemang McDonnald ke arah Kemang Selatan akan dialihkan melalui Jalan Kemang Selatan VIII dan akan keluar di Jalan Kemang Selatan XII. 

Arus lalu lintas dari arah Kemang Selatan menuju arah Kemang Raya akan dialihkan melalui Jalan Raya Pangeran Antasari.


EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM