Terkait Gratis Masuk ke Ancol, Djarot Minta Uji Coba 6 Bulan - Kompas.com

Terkait Gratis Masuk ke Ancol, Djarot Minta Uji Coba 6 Bulan

Nursita Sari
Kompas.com - 22/09/2017, 16:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/9/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta PT Pembangunan Jaya Ancol melakukan uji coba rencana membebaskan akses masuk ke Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas penghilangan biaya masuk ke pantai tersebut.

"Perlu ada uji coba, lihat juga bagaimana ketertibannya. Diuji coba misalnya selama enam bulan," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (22/9/2017).

Tanpa uji coba, Djarot khawatir masyarakat akan masuk ke Ancol secara sembarangan dan tidak tertib.

Baca: Ancol Serahkan 2,68 Hektare Lahan untuk "Venue" Asian Games

"Enam bulan bisa tertib enggak? Misalnya, tidak boleh buang sampah sembarangan, parkirnya, perlu ada uji coba," kata dia.

Djarot juga meminta PT Pembangunan Jaya Ancol melakukan kajian terkait tarif parkir yang diterapkan jika akses ke Ancol digratiskan.

Dia ingin tarif parkir diterapkan secara progresif alias bertambah setiap jam.

"Makanya saya suruh kaji dulu, selama ini parkir di sana (sepeda) motor dan mobil kan flat, maka perku dikaji bagaimana kalau tidak flat. Jadi dua jam pertama berapa, jam berikutnya berapa (tarifnya)," ucap Djarot.

Kajian juga diperlukan dalam hal pengamanan hingga jam buka Ancol yang dibatasi. Djarot tidak ingin gratis masuk Ancol tanpa batasan waktu justru dimanfaatkan untuk melakukan hal yang negatif.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana menuturkan, pihaknya memang tengah melakukan kajian rencana digratiskannya akses masuk Ancol.

"Saya sudah ketemu Pak Gubernur, kami diminta untuk pelajari, kaji, dan laporkan ke Pak Gubernur lagi mengenai alternatif dari ide kalau mau masuk gratis itu, pengelolaannya seperti apa. Jadi kami sedang pelajari," kata Paul dalam kesempatan yang sama.

Baca: Pengelola Kaji Rencana Gratiskan Akses Masuk ke Pantai Ancol

PenulisNursita Sari
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM