"Kids Zaman Now" di Jakarta Dinilai Lebih Suka ke Museum di Bandung - Kompas.com

"Kids Zaman Now" di Jakarta Dinilai Lebih Suka ke Museum di Bandung

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 14/11/2017, 16:02 WIB
Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

JAKARTA, KOMPAS.com - Remaja di DKI Jakarta dinilai lebih gemar mendatangi museum-museum yang ada di Bandung Jawa Barat ketimbang yang ada di Jakarta.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Destinasi dan Penasaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat.

"Iya, kids Jakarta zaman now lebih suka ke museum yang ada di Bandung ketimbang museum yang ada di Jakarta. Anak saya pun demikian," kata Hari, Selasa (14/11/2017).

Menurut Hari, pada dasarnya museum-museum memiliki desain dan fasilitas yang sama. Namun, dirinya mempertanyakan mengapa remaja yang berasal dari Jakarta lebih gemar ke Bandung untuk mengunjungi museum-museum yang ada di sana.

Baca juga : Catat, 4 Museum Ini Akan Sediakan WiFi Gratis dan Spot Instagramable

" Museum Bosscha, itu biasanya jadi salah satu tujuan mereka. Tapi, seseungguhnya di Jakarta juga banyak yang bagus, seperti Museum Tekstil misalnya," terang Hari.

Melihat realita tersebut, dirinya mengaku sedih dengan keadaan seperti itu. Kedepan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang ada di Jakarta untuk memasukan wisata museum yang terdapat di Jakarta sebagai salah satu kurikulum pelajaran.

"Kedepan kita ingin sekolah-sekolah menjadikan wisata museum dalam pengajaran," tutur Hari.

Baca juga : Anies Wacanakan Pemegang KJP Gratis Masuk Museum di Jakarta

Kompas TV Program tidak berlaku setiap hari tetapi satu hari dalam satu bulan.

PenulisIwan Supriyatna
EditorDian Maharani

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM