Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi 28 Januari, Hindari Kawasan Ini Besok...

Kompas.com - 27/01/2010, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menyarankan warga Jakarta untuk menghindari sejumlah titik dan ruas jalan di Jakarta pada peringatan 100 hari Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis ( 28/1/2010 ) besok. Sejumlah titik kawasan tersebut dan ruas jalan di sekitarnya akan menjadi pusat konsentrasi massa melakukan aksi demonstrasi.

"Sejumlah titik memang akan menjadi pusat aksi massa. Namun antisipasi pengamanan dan personel sudah kami persiapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Boy Rafli Amar saat dihubungi Kompas.com, Rabu ( 27/1/2010 ).

Sejumlah kawasan yang akan menjadi konsentrasi massa antara lain di sekitar Istana Presiden, Gedung Departemen Keuangan, sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Silang Monas, dan di sekitar Gedung MPR DPR Senayan.

"Untuk itu, kawasan ruas jalan yang perlu dihindari antara lain di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, kawasan silang Monas, dan Jalan Gatot Subroto sekitar Gedung MPR," kata Boy.

Mengenai kemungkinan adanya pengalihan arus lalu lintas, Boy mengatakan, hal itu belum bisa dipastikan lantaran perlunya melihat situasi jalannya aksi besok. "Kalau memang konsetrasi massa di titik-titik tersebut sangat besar, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengalihan arus lalin," kata dia.

Sejauh ini, kata Boy, diperkirakan jumlah peserta yang akan mengikuti jalannya aksi besok akan mencapai 40 ribu orang. Polda Metro telah menerima laporan sebanyak 62 organisasi massa akan melakukan aksi demonstrasi besok.

Saat ditanya apakah ada informasi yang dimiliki Polda mengenai kemungkinan terjadinya kekacauan, Boy mengatakan, situasi sampai saat ini masih sangat kondusif. "Sejauh ini masih baik-baik saja. Tidak ada informasi apa soal bentrokan dan lainnya. Kalau kekhawatiran sejumlah pihak ya saya kira itu wajar-wajar saja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com