Siang Ini, Rute Bus Terintegrasi Transjakarta Ditambah - Kompas.com

Siang Ini, Rute Bus Terintegrasi Transjakarta Ditambah

Kompas.com - 25/11/2013, 13:21 WIB
KOMPAS.com/Indra Akuntono Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang melayani rute Bogor-Rawamangun. Tarif APTB Rp 12.000 dan bisa melaju di jalur busway serta penumpang bisa langsung pindah ke bus transjakarta tanpa biaya tambahan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah rute bus kota terintegrasi bus transjakarta (BKTB) pada siang ini. Rute baru yang diresmikan itu adalah U-31 Kota-Kelapa Gading.

Rencananya, peresmian berlangsung pada pukul 14.00 di Selter Kota, depan Stasiun Kota Jakarta. BKTB ini dioperasikan operator Kopami Jaya dengan jumlah 15 bus.

BKTB U-31 menambah kekuatan tiga rute BKTB yang sebelumnya diresmikan di awal 2013. Tiga rute yang sudah ada adalah Kopaja AC S-13 (Ragunan-Grogol), P-20 (Lebak Bulus-Senen), dan Kopaja AC 602 (Ragunan-Tugu Monas). Adapun kendaraan yang beroperasi di tiga rute sebanyak 86 bus dan dari operator Kopaja.

"Rute baru ini akan menambah program integrasi di lajur bus transjakarta. Ini sejalan dengan program sterilisasi yang mulai dijalankan," kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Senin (25/11/2013) di Jakarta.

Kondisi fisik BKTB yang mendapat izin operasi di lajur transjakarta telah disesuaikan. Namun, tidak semua bus yang sudah mendapat izin masuk lajur transjakarta disiplin. Mereka kerap keluar lajur mengangkut penumpang di tepi jalan.

"Ke depan, kami akan menertibkannya, tidak boleh lagi seenaknya masuk keluar lajur transjakarta. Itu karena pada saat ini, lajur transjakarta harus steril dari kendaraan yang tidak diizinkan masuk," kata Syafrin.

Selain BKTB, Pemprov DKI megintegrasikan bus angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB). Sejauh ini sudah ada sembilan rute APTB dengan jumlah 103 bus.

Sejak program sterilisasi di lajur bus transjakarta, terjadi peningkatan jumlah penumpang hingga 40 persen. Harapannya, masyarakat semakin tertarik menggunakan angkutan publik karena semakin banyak bus yang beroperasi di lajur transjakarta.

Rute APTB saat ini adalah Bekasi-Pulo Gadung, Poris Plawad-Tomang, Ciputat-Kota, Cibinong-Grogol, Bogor-Rawamangun, Bekasi-Tanah Abang, Bekasi-Bundaran HI, Bogor-Blok M, dan Cileungsi-Blok M.


EditorAna Shofiana Syatiri

Close Ads X