Kompas.com - 09/12/2015, 09:50 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri
DEPOK, KOMPAS.com - Menjaga TPS 77 Kelurahan Baktijaya, Perumahan Pondok Duta II, Sukmajaya, Depok, menjadi sejarah dalam hidup Brigadir Santosa.

Gara-gara menjaga TPS itu, Brigadir Santosa yang sudah 35 tahun menjadi polisi, akhirnya merasakan menerima telepon dari Kapolres Kota Depok Komisaris Besar Dwiyono.

"Tadi pagi ditelepon Kapolres. Dia nanya 'kamu yang jaga di TPS 77 ya?' Selama 35 tahun jadi polisi, baru sekali ini saya ditelepon kapolres," kata Santosa kepada Kompas.com, Rabu (9/12/2015).

Menurut Santosa, Dwiyono meneleponnya untuk memastikan kesiapan petugas keamanan di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Santosa merupakan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban (Babinkamtibmas) Kelurahan Baktijaya.

Menurut Santosa, kariernya sebagai polisi dimulai dari pangkat Bhayangkara II pada tahun 1980. "Saya mulai dari tingkat Tamtama," ucap dia.

Seluruh masa bakti Santosa sebagai polisi dihabiskan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sebagian besar di Depok.

Saat ini, usianya sudah menginjak 54 tahun. Artinya, empat tahun lagi ia akan pensiun. Anggota polisi diketahui pensiun di usia 58 tahun.

"Mungkin bentar lagi saya masuk masa BT, bebas tugas. Kalau di PNS itu MPP (masa persiapan pensiun)," ujarnya.

Usai berbincang dengan Kompas.com, Brigadir Santosa kembali menjalankan tugasnya menjaga TPS 77 dalam rangka Pilkada Depok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.