Kompas.com - 22/12/2015, 18:44 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorIcha Rastika
JAKARTA, KOMPAS.com — Para sopir dari kopaja yang difungsikan untuk layanan transjakarta akan menerima gaji Rp 6,2 juta per bulan, atau dua kali upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2016.

"Jadi, mereka akan menerima gaji bulanan dua kali UMP, tidak ada lagi setoran," kata Ketua Umum Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) Nanang Basuki dalam acara peluncuran 320 kopaja berstandar transjakarta di Lapangan Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Hingga kini, ada 320 kopaja yang difungsikan untuk layanan transjakarta. Jenis bus yang digunakan untuk layanan transjakarta ini berupa bus ukuran sedang. (Baca: Gabung dengan Transjakarta, Kopaja-kopaja Ini Berubah Warna)

Bus-bus ini rencananya akan dioperasikan untuk melayani rute di luar koridor busway.

Nantinya, Kopaja selaku operator akan menerima pembayaran per kilometer dari PT Transportasi Jakarta sehingga tidak lagi mengejar setoran dari para sopirnya.

Adapun tarif yang akan dibayarkan kepada Kopaja sebesar Rp 10.350 per kilometer. (Baca: Kopaja-Transjakarta Dilarang Naik Turunkan Penumpang di Luar Halte)

"Rp 10.350 per kilometer itu sesuai dengan yang ada di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah). Hitungan rupiah per kilometernya itu dari e-katalog," ujar Nanang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.