Ternyata KTP Penghuni Kolong Tol Wiyoto Wiyono Beralamat di Kalijodo

Kompas.com - 06/04/2016, 13:47 WIB
Warga kolong Tol Wiyoto Wiyono melakukan unjuk rasa untuk memprotes rencana Pemerintah Provinsi DKI yang ingin menertibkan lingkungan mereka. Mereka menunjukan KTP DKI untuk membuktikan bahwa mereka juga rakyat Jakarta. Jessi Carina Warga kolong Tol Wiyoto Wiyono melakukan unjuk rasa untuk memprotes rencana Pemerintah Provinsi DKI yang ingin menertibkan lingkungan mereka. Mereka menunjukan KTP DKI untuk membuktikan bahwa mereka juga rakyat Jakarta.
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kolong Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Barat, ternyata memiliki KTP yang sah sebagai warga DKI Jakarta. Mahmud (56), warga yang saat ini masih mendiami kolong tol, mengatakan, dirinya sudah memiliki KTP sejak tahun 2005.

"Saya tinggal di sini sejak 2005, ikut mertua dan langsung dapat KTP," kata Mahmud kepada Kompas.com, Rabu (6/4/2016).

Sambil menunjukkan KTP-nya, Mahmud tercatat secara administrasi tinggal di Jalan Kepanduan 2 RT 01 RW 05, Penjaringan, Jakarta Barat.

Catatan administrasi tersebut ternyata merujuk pada sebuah daerah di kawasan Kalijodo yang beberapa waktu lalu telah digusur. Memang, jarak antara kolong tol dan Kalijodo hanya dibatasi sebuah waduk.

Selain Mahmud, ada Ani (43), yang tercatat sebagai warga di Jalan Kepanduan 2, RT 05 RW 05, Penjaringan, Jakarta Barat. Ani mengaku sudah mendiami kolong tol sejak tahun 2000.

"Dulu ya tinggal urus aja KTP-nya, datang ke RT. Ya sudah, nunggu, lalu nanti bisa diambil," kata Ani.

Menurut Ani, di sepanjang kolong Tol Wiyoto Wiyono dulu terdapat ratusan kepala keluarga yang mendiami dan mendirikan bangunan. Namun, dia mengakui, secara administratif, kolong Tol Wiyoto Wiyono tidak terdaftar secara administratif di daerah mana pun.

"Setahu saya, semua warga yang dulunya di sini ngurus KTP ke sebelah (Kalijodo)," kata Ani.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X