"Three in One" Dihapus, Transjakarta Janjikan Bus di Koridor I Tiba di Halte Setiap 30 Detik

Kompas.com - 18/04/2016, 10:37 WIB
Nursita Sari Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah, dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin dalam peluncuran bus baru di Kantor PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (18/4/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Mendukung uji coba penghapusan three in one, PT Transjakarta mengoperasikan 788 unit bus di semua koridor. Bus-bus tersebut terdiri dari bus lama dan bus baru yang diluncurkan hari ini oleh PT Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, dari 788 unit bus yang dioperasikan, 247 di antaranya beroperasi di Koridor I Blok M-Kota yang melalui jalur three in one langsung.

"Mulai hari ini, dalam rangka uji coba penghapusan three in one, ada 247 bus yang melintasi Koridor I, 122 terdiri dari bus yang full dedicated. Jadi dia full melayani Blok M-Kota bolak-balik," ujar Budi di Kantor PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (18/4/2016).

Dengan beroperasinya 247 bus di Koridor I, Budi memprediksi jarak kedatangan bus di setiap halte hanya membutuhkan waktu 30 detik.


"Dengan jumlah seperti itu, kami yakin bisa headaway itu tinggal setengah menit ada bus yang lewat setiap halte," kata Budi.

Dari total bus yang beroperasi hari ini, ada sekitar 350 unit bus yang baru mulai dioperasikan. Jumlah tersebut merupakan sebagian dari 600 unit bus yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini.

"Jadi hari ini ada penambahan kira-kira 350 unit dari normal. Operasi hari ini kita jalankan 788 unit. Jadi penambahan itu enggak cuma Koridor I," kata Budi.

Bus-bus baru yang diluncurkan berjumlah 600 bus single dari Kementerian Perhubungan yang dioperasikan PPD dan 51 unit dari operator Mayasari Bakti. Bus-bus tersebut akan diluncurkan secara bertahap.

Dengan peluncuran secara bertahap, Budi menargetkan akan ada 1.200 unit bus yang beroperasi setiap harinya mulai akhir April.

"Sampai akhir bulan ini diperkirakan akan operasikan 1.200 bus," ujar Budi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAna Shofiana Syatiri
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X