Kompas.com - 20/05/2016, 12:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan perbedaan pemberian corporate social responsibility (CSR) dan kontribusi tambahan oleh para pengembang.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, pemberian CSR merupakan dana sosial tiap perusahaan kepada pemerintah dan sifatnya sukarela.

"(Perusahaan) lo yang atur dan ada UU-nya. Setiap perusahaan wajib memberikan CSR kepada masyarakat atau sekitarnya yang berhubungan dengan fasilitas umum, maksimum tiga persen dari keuntungan (perusahaan) sesudah pajak," kata Ahok, di Balai Kota, Jumat (20/5/2016).

Sementara kontribusi tambahan merupakan penambahan beban dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada pengembang yang mendapat izin reklamasi Teluk Jakarta. Kontribusi tambahan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

"(Kontribusi tambahan) itu lazim dilakukan di seluruh dunia. Misalnya (kontribusi tambahan pengembang) Malaysia untuk pembangunan trotoar. Harusnya di seluruh dunia pembangunan infrastruktur dibebankan kepada pengusaha," kata Ahok.

Ahok menggunakan hak diskresinya dalam memberikan izin reklamasi kepada pengembang. Hak diskresi tersebut berupa perjanjian kerjasama yang menentukan kontribusi tambahan sebesar 15 persen dikali nilai jual objek dan lahan yang dijual.

Hak diskresi tersebut diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Ada tiga poin kewajiban yang harus dilakukan pengembang yang terlibat dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta, yaitu poin kewajiban, kontribusi, dan kontribusi tambahan.

Kompas TV Kontribusi Reklamasi Untuk Jakarta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.