Bank DKI: Kebijakan Transjakarta Gratis Bukan untuk Merebut Nasabah Bank Lain

Kompas.com - 26/05/2016, 15:15 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com -
Sekretaris Bank DKI Zulfarshah menyatakan bahwa penggratisan naik bus transjakarta bagi nasabahnya bukan untuk merebut nasabah bank lain. Sebab, nasabah tidak harus menutup rekeningnya di suatu bank saat akan membuka rekening di bank lain.

Pernyataan itu dilontarkan Zulfarshah menanggapi kekhawatiran Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi terhadap akan segera diberlakukannya penggratisan tiket naik bus transjakarta untuk nasabah Bank DKI, termasuk untuk rute Bekasi.

"Setiap bank pasti akan menawarkan keunggulan produknya ke masyarakat. Kalau masyarakat tertarik, dia akan buka rekening. Tapi kan bukan berarti dia harus menutup rekeningnya di bank tempat dia menabung sebelumnya," kata Zul di Balai Kota, Kamis (26/5/2016).

Sebelumnya, Rahmat Effendi menilai penggratisan tiket naik bus transjakarta bagi nasabah Bank DKI berpotensi merugikan pendapatan keuangan dari perbankan milik pemerintah daerah setempat. Ia khawatir nantinya banyak nasabah Bank Pemkot Bekasi yang pindah ke Bank DKI.

"Ini merupakan strategi yang bagus dari Pemprov DKI dalam menggenjot sektor keuangan banknya melalui transjakarta. Namun, kita juga harus pertimbangkan dampaknya bagi perbankan kami di daerah," katanya di Bekasi, Rabu (19/5/2016).

Adanya rencana untuk menggratiskan tiket naik bus transjakarta bagi nasabah Bank DKI merupakan keinginan dari Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Ia ingin semua nasabah Bank DKI nantinya bisa "tapping in" dengan kartunya tanpa dikenakan pemotongan saldo saat masuk ke halte. Meski demikian, Bank DKI belum mau membeberkan kapan rencana tersebut dimulai.

"Kalau nanti udah mau diluncurkan pasti akan kita infokan," ujar Zul.

Saat ini, penggratisan tiket naik bus transjakarta bagi nasabah Bank DKI baru berlaku untuk kalangan tertentu, seperti pelajar peserta Kartu Jakarta Pintar dan penghuni rumah susun sederhana sewa.

Kompas TV Warga Bekasi Sambut Antusias Transjabodetabek
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.