Dekorasi Budaya Betawi Hiasi Perayaan Natal di Gereja Katedral

Kompas.com - 24/12/2016, 15:49 WIB
Personel kepolisian berjaga di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (24/12/2016), yang sudah mempersiapkan diri dengan hiasan Betawi dalam perayaan Natal 2016. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIPersonel kepolisian berjaga di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (24/12/2016), yang sudah mempersiapkan diri dengan hiasan Betawi dalam perayaan Natal 2016.
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Gereja Katedral Jakarta memberikan dekorasi berbeda pada perayaan Natal tahun ini.

Selain dekorasi khas Natal, juga ada dekorasi budaya Betawi di halaman gereja. Salah satu dekorasi Betawi adalah delman lengkap dengan patung kusir atau sopir delman dan kuda.

Patung kusir itu memakai baju khas Betawi dengan sarung di leher dan peci hitam.

Dekorasi lainnya dengan spanduk ondel-ondel di langit lorong halaman Gereja Katedral. Selain itu juga ada ranting-ranting pohon dan kertas berbentuk kipas yang digantung di langit.


KOMPAS.COM / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Petugas kepolisian melakukan penyisiran di sekitar Gereja Katedral sebelum ibadah Misa malam natal, Jakarta, Sabtu (24/12/2016).
Staf Humas Panitia Natal Gereja Katedral Jakarta, Bernard Hidayat mengatakan, gereja sengaja memilih dekorasi budaya Betawi pada perayaan Natal tahun 2016. Salah satu pertimbangannya adalah karena Gereja Katedral berada di Jakarta.

"Kami juga mengajak umat lebih mengembangkan budaya lokal dalam merayakan Natal," kata Bernard kepada Kompas.com di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (24/12/2016).

Bernard menambahkan, meski budaya Betawi dipilih dalam dekorasi, pihak Gereja juga meyakini umat yang datang pada perayaan Natal berasal dari ragam suku.

Sehingga, ia berharap ada toleransi antarsuku pada perayaan Natal nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X