Transjakarta Diharapkan Tidak Hanya Layani hingga Bandara, tetapi Juga Kepulauan Seribu

Kompas.com - 27/01/2017, 17:12 WIB
Kompas.com/David Oliver Purba Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono saat meninjau lokasi lahan pembangunan Terminal Rawa Buaya di Jakarta Barat, Jumat (27/1/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menginginkan layanan Transjakarta tidak hanya sampai bandara saja melainkan juga sampai Kepulauan Seribu. Sumarsono ingin Transjakarta memiliki kapal-kapal untuk melayani mobilitas warga pulau.

"Jadi tidak hanya bus, kapal juga nanti bernama Transjakarta," ujar Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (27/1/2017).

Sumarsono menilai hal ini juga diinginkan oleh Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dia yakin Basuki ingin Transjakarta bisa menguasai semua trayek.

"Seluruh trayek dikuasai Transjakarta, bahkan sampai ke Kepulauan Seribu," ujar Sumarsono.


PT Transportasi Jakarta sudah memasukkan program penambahan rute ke bandara dalam rencana kerja 2017 mereka. Bus-bus Transjakarta nantinya bisa menjadi alternatif untuk ke Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Kami sekarang akan menjajaki dulu standar pelayanan di bandara itu seperti apa. Kalau dari standar pelayanan dari Kemenhub, seharusnya sama. Nah tinggal Angkasa Pura sebagai pengelola bandara punya tambahan apa lagi," ujar Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph. (Baca: Sumarsono Ingin Tarif Transjakarta ke Bandara Lebih Murah dari Damri)

PT Transjakarta harus memenuhi kualifikasi dari standar pelayanan itu terlebih dahulu. Setelah itu, kata Joseph, PT Transjakarta juga harus mempelajari target pasar di bandara. Sebab, saat ini bukan hanya bus Damri saja yang sudah masuk ke bandara.

"Kita lihat marketnya, kalau market sudah ada dan secara perizinan kami boleh masuk, maka kami akan jalankan rencana ini," ujar Joseph.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorFidel Ali
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X