Tol Kunciran-Cengkareng Akan Memudahkan Pengendara ke Bandara Soetta - Kompas.com

Tol Kunciran-Cengkareng Akan Memudahkan Pengendara ke Bandara Soetta

Kompas.com - 31/08/2017, 10:36 WIB
Ilustrasi: Aktivitas pengerukan lahan Tol KOMPAS/Priyombodo Ilustrasi: Aktivitas pengerukan lahan Tol


TANGERANG, KOMPAS.com -
Pengendara mobil dari arah Tangerang sekitar perumahan Alam Sutera akan lebih mudah menuju Bandara Soekarno-Hatta ketika tol Kunciran-Cengkareng (sebelumnya disebut tol Kunciran-Bandara) sudah beroperasi.

Proyek tol Kunciran-Cengkareng sedang dalam pengerjaan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (WIKA) dan diperkirakan selesai pada Agustus 2018.

"Nanti masuk tolnya di Kunciran, dekat IKEA Alam Sutera, mengikuti pintu masuk tol yang sudah ada atau existing," kata Manajer Komersial Proyek Tol Kunciran-Cengkareng Cipto Pranowo, saat ditemui Kompas.com di kantornya, Kamis (31/8/2017) pagi.

Cipto menjelaskan, ruas tol Kunciran-Cengkareng membentang sepanjang 14,2 kilometer. Tol tersebut akan melintasi kawasan Kunciran ke arah Batu Ceper kemudian keluar di Cengkareng arah ke Bandara Soekarno-Hatta.

(baca: Proyek Tol Kunciran-Bandara Soetta Ditargetkan Selesai Pertengahan 2018)

Namun, tidak ada akses masuk maupun keluar ke Batu Ceper dari ruas tol tersebut. Hanya saja jalurnya yang melewati Batu Ceper, bersamaan dengan jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta yang berdiri di atas jalan layang melintasi Jalan Daan Mogot KM 23.

"Exit tolnya nanti ke arah bandara, setelah gerbang tol Cengkareng, jadi langsung ke arah bandara," ucap Cipto.

Proyek senilai Rp 2,172 triliun ini merupakan salah satu dari sejumlah proyek strategis nasional yang dicanangkan pemerintah. Dengan beroperasinya Tol Kunciran-Cengkareng, pengendara yang menuju ke Bandara Soekarno-Hatta tidak perlu lagi memutar lewat tol Jalur Lingkar Barat (JLB) dan cukup membayar satu kali.


EditorIndra Akuntono

Terkini Lainnya

Close Ads X