Ada Orang Daerah Kembali ke Jakarta Setelah Dengar Becak Diizinkan

Kompas.com - 26/01/2018, 17:55 WIB
Sejumlah penarik becak berkumpul di kolong flyover Bandengan Utara, Jakarta Barat. Para penarik becak merasa bersykur karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan mereka beroperasi di Ibu Kota, Jumat (26/1/2018). Kompas.com/David Oliver PurbaSejumlah penarik becak berkumpul di kolong flyover Bandengan Utara, Jakarta Barat. Para penarik becak merasa bersykur karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan mereka beroperasi di Ibu Kota, Jumat (26/1/2018).
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Lurah Pekojan, Jakarta Barat, Tri Prasetyo Utomo, membantah isu adanya penarik becak dari luar Jakarta yang datang berbondong-bondong untuk beroperasi di Jakarta. Tri mengatakan, isu tersebut memang pernah dia dengar. Namun, sampai saat ini belum ditemukan penarik becak lain dalam jumlah besar datang ke Jakarta, khususnya ke kawasan Bandengan, Kelurahan Pekojan.

"Yang katanya sampai dua truk datang (becak), sampai hari ini saya nungguin belum ada. Kami belum menemukan dan masih mencari," kata Tri di kolong flyover Bandengan Utara, Jakarta Barat, Jumat (26/1/2018).

Yang ada, kata Tri, warga dari daerah, seperti Tegal dan Bogor, yang dulu sudah pulang kampung karena gencar penertiban becak, kini kembali lagi ke Jakarta. Mereka dulu penarik becak, setelah mendengar becak akan diizinkan untuk beroperasi di perkampungan, mereka kembali lagi ke Jakarta.

Baca juga : Cara Anies Cegah Becak dari Luar Daerah Masuk Jakarta

Tri mengatakan, dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tidak boleh ada becak baru yang sengaja datang dari daerah lain untuk beroperasi di Jakarta. Jika ketahuan, petugas akan memulangkan mereka.

"Dia orang daerah Bogor sudah lama tinggal di sini. Tapi KTP-nya masih KTP daerah, enggak diurus. Dia usaha becak di Jakarta. karena becak enggak bisa beroperasi bebas, dia takut dia pulang ke daerahnya. Ketika diperbolehkan beroperasi becak (di Jakarta), mereka datang lagi ," ujar Tri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan bahwa ia mendapat laporan dari Satpol PP tentang kedatangan becak yang diangkut truk dari luar daerah dan mencoba masuk Ibu Kota.

"Begini, di Satpol PP itu memantau dan mereka sempat mendapatkan ada beberapa becak yang kemudian belum sampai turun truknya sudah disuruh kembali (ke daerah asal)," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca juga : Becak yang Berusaha Masuk ke Jakarta Diduga dari Indramayu

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X