Kompas.com - 20/03/2018, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kulit kabel yang ditemukan di gorong-gorong depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, sudah diangkat dan dibuang.

"Jadi kami lakukan pembersihan limbah kulit kabelnya, kemudian kami nanti akan proses lebih jauh," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Anies mengatakan, usai pembersihan, pihaknya akan melakukan penjagaan untuk mencegah temuan serupa kembali terulang. Ia juga menyebut perlunya penataan utilitas di titik itu.

"Juga penataan kabel ini salah satu yang paling semrawut hari ini. Nanti kami akan bicarakan dengan semua perusahaan-perusahaan yang memasang kabel agar bisa menata ulang dengan Dinas Bina Marga dan Dinas Sumber Daya Air," ujar dia.

Baca juga : Kulit Kabel di Gorong-gorong Terus Berulang, Sandiaga Mau Lapor Polisi

Pantauan Kompas.com di trotoar depan Balai Kota pukul 10.00, tidak ada kegiatan pembersihan. Manhole atau boks untuk mengakses saluran air pun ditutup rapi.

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat menemukan gulungan kulit kabel utilitas di gorong-gorong depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku DInas Sumber Daya Air Jakarta Pusat Boris Karlop Lumbangaol mengatakan, hal itu diketahui saat petugas melakukan pembersihan rutin di gorong-gorong.

Baca juga : Kulit Kabel di Gorong-gorong Ring 1 yang Muncul dari Zaman Ahok hingga Anies

Sebanyak 100 petugas dikerahkan mengangkut 12 kubik kulit kabel dari gorong-gorong depan Balai Kota pada Minggu kemarin. Kabel ini ditemukan di lokasi yang sama dengan temuan gulungan kulit kabel pada 2016 lalu.

Saat itu, petugas membersihkan dan mengangkut 24 truk kulit kabel dari gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.