Kompas.com - 09/07/2018, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) siap menaati ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait tayangan iklan produk susu kental manis (SKM).

Ketua Umum GAPMMI Adhi S Lukman menyatakan, para anggotanya menyepakati bahwa produk susu kental manis tidak dapat menjadi pengganti nutrisi dan gizi susu.

"Kami sepakat untuk memenuhi apa yang telah ditentukan oleh BPOM yang mana salah satunya adalah tidak diperkenankan iklan yang menyatakan bahwa SKM ini sebagai pengganti susu pertumbuhan," kata Adhi dalam konferensi pers di Kantor BPOM, Senin (9/7/2018).

Menurut Adhi, para pelaku usaha juga menaati Surat Edaran BPOM tentang iklan dan label produk susu kental manis serta menarik iklan yang dianggap melanggar ketentuan.

Baca juga: BPOM Bantah Kecolongan soal Pelanggaran Visualisasi Iklan Susu Kental Manis

"Sekarang sudah melakukan review terkait dengan label supaya semua sesuai dengan apa yang menjadi keputusan BPOM," kata Adhi.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak menyebarkan informasi-informasi yang menyesatkan. Konsumen juga diminta menjadi konsumen yang cerdas yang tidak termakan isu serta selalu membaca label kandungan gizi setiap produk yang akan dikonsumsi.

"SKM itu juga ada komposisinya, ada nutrition fact-nya seperti produk-produk lainnya. Masyarakat diharapkan bijak menggunakan SKM itu sesuai peruntukannya," kata dia.

BPOM sebelumnya mengluarkan Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3).

Beredarnya surat tersebut menggegerkan masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa produk SKM dapat digunakan sebagai pengganti susu dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi.

Baca juga: BPOM Pastikan Produk Susu Kental Manis Mengandung Susu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Kompilasi Stand Up Babe Cabita, Ah Sudahlaahhh~
Kompilasi Stand Up Babe Cabita, Ah...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.