Asian Para Games 2018, Metromini dan Kopaja Bisa Melintas di Jalan Protokol Jakarta

Kompas.com - 09/10/2018, 20:23 WIB
Ada rute baru, Kopaja dan Metromini tetap melintas di Sudirman-ThamrinKOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Ada rute baru, Kopaja dan Metromini tetap melintas di Sudirman-Thamrin

JAKARTA, KOMPAS.com - Metromini dan kopaja masih bisa melintas di jalan protokol Jakarta, selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018 tanggal 6 Oktober-13 Oktober 2018.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengatakan, tidak ada pembatasan kendaraan di jalan protokol seperti Jalan Sudirman-Thamrin.

"Yang angkutan umum di Dukuh Atas beroperasi seperti biasa," kata Harlem, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Sudah Dilarang, Kopaja dan Metromini Tetap Melintasi Sudirman-Thamrin

Ini berbeda ketika digelarnya Asian Games 2018. Selama Asian Games, pengoperasian metromini dan kopaja di jalan protokol dibatasi dari 15 Agustus hingga 15 September.

Saat itu, tercatat ada tiga rute kopaja dan metromini yang tidak bisa melintas di jalan protokol, masing-masing Metromini S640 (Pasar Minggu-Tanah Abang); Metromini P15 (Senen-Setia Budi); dan Kopaja P19 (Tanah Abang-Ragunan).

Seluruhnya merupakan rute yang melewati jalan-jalan protokol, seperti Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

Baca juga: Kopaja-Metromini Dilarang Lewat Jalan Protokol Saat Asian Games 2018

Menghadapi Asian Games 2018 lalu, pemerintah memang gencar menyusun kebijakan lalu lintas dengan tujuan meminimalisir kemacetan di Ibu Kota.

Keberadaan bus-bus lawas metromini dan kopaja memang jadi masalah tersendiri di Jakarta.

Sebab, kebanyakan bus-busnya sudah tidak layak jalan, ditambah tingginya polusi dan tidak tertibnya perilaku mengemudi para sopir-sopirnya.




Close Ads X