Gunakan Cuka sebagai Pertolongan Pertama Ketika Tersengat Ubur-ubur

Kompas.com - 20/10/2018, 18:39 WIB
Tanda peringatan menghindari ubur-ubur di Pantai Ancol, Sabtu (20/10/2018) KOMPAS.com/Ryana AryaditaTanda peringatan menghindari ubur-ubur di Pantai Ancol, Sabtu (20/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter ahli toksinologi Tri Maharani mengungkapkan, pertolongan pertama saat tersengat ubur-ubur adalah dengan memberikan cuka. Cuka dianggap ampuh melepas ubur-ubur dari kulit manusia dan bisa menolong agar tidak lebih fatal.

"Jadi untuk sengatan ubur-ubur kita boleh melakukan sebuah tindakan yaitu cukanisasi. Dengan cuka kita bisa menolong pasien di awal dia tersengat ubur-ubur," ujar Tri di Sea World, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/10/2018).

Tri menjelaskan, cuka berfungsi sebagai deaktivasi nematocyd untuk menangkal racun dari ubur-ubur agar tak menyebar ke tubuh.

Baca juga: Pasca Munculnya Ubur-ubur, Pantai Ancol Tetap Aman Dikunjungi


"Tadi sudah dijelaskan bahwa tentakel dari ubur-ubur itu mempunyai nematocyd, dimana nematocydnya bisa menembakan neuro itu ke otot-otot pernapasan. Deaktivasi daripada nematocyd tadi sehingga racunnya tidak ditembakan ke bagian tubuh," kata dia.

Jika racun ubur-ubur ditembakan ke bagian tubuh akan mengakibatkan sesak napas atau paling parah bisa berhentinya detak jantung.

Cuka yang disiramkan ke bagian yang tersengat ubur-ubur cukup yang berkadar 4 sampai 6 persen.

"Jadi cuka itu tadi 4 sampai 6 persen. Cuka didapur itu kan 25 persen, jadi diencerkan lagi menjadi 4 sampai persen. Paling gampang itu diencerkan dengan air 4 kali lipat," kata dia.

Prosedur yang disarankan sebagai berikut: 

1. Tuangkan cuka pada area yang tersengat dan biarkan selama 30 detik.

2. Lepaskan tentakel yang masih menempel di kulit (paling baik menggunakan penjepit atau sarung tangan).

3. Bawa ke instalasi gawat darurat secepatnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X