Pemprov DKI Akan Siapkan Tempat Kremasi untuk Umat Hindu di Jakarta - Kompas.com

Pemprov DKI Akan Siapkan Tempat Kremasi untuk Umat Hindu di Jakarta

Kompas.com - 11/11/2018, 11:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara seni budaya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Minggu (11/11/2018). RIMA WAHYUNINGRUM Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara seni budaya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Minggu (11/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan memfasilitasi kegiatan beragama, dalam hal ini, untuk masyarakat yang memeluk agama Hindu, dengan menyiapkan tempat kremasi.

Rencana tersebut disampaikan usai membuka acara festival budaya Pesantian dan Geguntangan di Pura Chandra Prabha, Jelambar, Jakarta Barat, Minggu (11/11/2018).

"Kami siapkan dan insya Allah akan segera tuntas fasilitas kremasi bagi masyarakat Hindu di Jakarta," kata Anies di lokasi, Minggu.

Ia mengatakan, rencana tersebut dicetuskan setelah mendapat masukan masyarakat Jakarta Utara pada 2018 yang membutuhkan tempat kremasi, ketimbang tanah pemakaman.

Namun, Anies belum menyebutkan lokasi dan luas tempat kremasi untuk pemeluk agama Hindu yang disiapkan Pemprov DKI.

Dari rencana tersebut, Anies berharap agar pemeluk agama Hindu bisa menjadikan Jakarta sebagai lokasi yang untuk menjalani kegiatan beragama meskipun jauh dari ekosistem aslinya di Bali.

"Jadi pemerintah DKI akan terus memfasilitasi (dan) mendukung setiap kebutuhan-kebutuhan dasar bagi umat yang ada di Jakarta. Semua harus merasakan bahwa ini sebagai rumahnya dan menjadi tempat yang bisa dijalankan seluruh kegiatan beragama," terangnya.

Salah satu kegiatan beragama yang dilakukan festival budaya Pesantian dan Geguntangan ke-6, pada Minggu, yang dilakukan setiap tahunnya



Close Ads X