Massa Gelar Aksi Bela Uighur di Kedubes China - Kompas.com

Massa Gelar Aksi Bela Uighur di Kedubes China

Kompas.com - 21/12/2018, 19:13 WIB
Aksi damai bela muslim Uighur digelar di depan Kantor Kedutaan Besar China di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018). KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARI Aksi damai bela muslim Uighur digelar di depan Kantor Kedutaan Besar China di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa yang mengatasnamakan diri Ikatan Alumni 212 menggelar aksi damai di Kantor Kedutaan Besar China, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018). 

Mereka memprotes diskriminasi terhadap umat Muslim Uighur di Xinjiang, China.

"Tuntuat kami adalah hentikan tindakan mereka terhadap saudara-saudara kami di Uighur," ujar Dedi Suwardadi dari Divisi Hukum Ikatan Alumni 212.

Sebelumnya, terdapat laporan bahwa pemerintah China menangkap satu juta warga yang mayoritas merupakan etnis Uighur.

Dalam pertemuan PBB di Jenewa, Swiss, pihak Beijing membantah laporan itu. Namun, mereka mengakui telah mengirim warga Uighur ke pusat "reedukasi".

Baca juga: AS Pertimbangkan Beri Sanksi ke China atas Perlakuan ke Muslim Uighur

Pengakuan Beijing itu disampaikan dalam sebuah pertemuan PBB di Jenewa, Swiss untuk menanggapi kecemasan terkait kabar bahwa Xinjiang kini lebih menyerupai kamp tahanan raksasa.

Massa yang menggelar aksi unjuk rasa tersebut mengenakan sejumlah atribut, seperti ikat kepala dan bendera bertuliskan kalimat syahadat.

Mereka mengenakan pakaian hitam dan putih. Saat melakukan orasi, massa pengunjuk rasa berulang kali menyerukan takbir.

Menurut Dedi, aksi damai ini berlangsung setelah shalat Jumat hingga pukul 17.00.

Hingga akhir, tidak ada perwakilan dari Kedubes China yang keluar untuk menemui peserta aksi. Jalan di sekitar Kedubes China ditutup selama aksi berlangsung.

Tampak gabungan pasukan dari TNI dan Polri mengawal aksi ini. Sejumlah mobil taktis juga terlihat bersiaga disekitar lokasi.



Close Ads X