Hari Pertama Uji Coba, Jalur Sepeda di Jalan MH Thamrin Banyak Dilintasi Sepeda Motor

Kompas.com - 20/09/2019, 11:52 WIB
Jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAJalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).
Penulis Cynthia Lova
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan jalur- jalur sepeda di Jakarta dalam upaya memfasilitasi pesepeda di Jakarta.

Ada 17 ruas jalan di Jakarta yang disediakan dengan jalur sepeda, salah satunya di MH Thamrin.

Jumat (20/9/2019) hari ini adalah hari pertama uji coba jalur sepeda. Adapun uji coba jalur sepeda ini dilaksanakan mulai dari hari ini hingga Selasa (19/11/2019).

Kompas.com pun mengamati jalur sepeda yang ada di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada pukul 10.00 WIB.

Di pinggir Jalan MH Thamrin ke arah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan sebaliknya yang mengarah ke Bundaran Senayan tampak dibatasi oleh traffic cone.

Namun, tak ada tanda khusus yang menunjukkan bahwa traffic cone itu adalah pembatas antara pengendara motor dan mobil dengan pengedara sepeda.

Baca juga: Jalur Sepeda Diserobot Kendaraan Bermotor pada Hari Pertama Uji Coba

Sebab tidak ada gambar sepeda di jalur tersebut. Bahkan kebanyakan yang melintas di jalur sepeda itu adalah pengendara motor.

Hanya ada satu-dua sepeda yang melintas di jalur sepeda itu. Saat sepeda melintas bersamaan dengan pengendara motor di jalur sepeda, tampak pengendara sepeda mulai kesulitan lantaran dipepet kiri-kanan oleh kendaraan bermotor.

Bahkan, traffic cone yang membatasi jalur sepeda dengan kendaraan bermotor jatuh karena ditabrak sepeda motor.

Selain itu, ada pula ojek online yang malah parkir di jalur sepeda tersebut.

Para petugas Satpol PP dan Dishub pun berjaga di jalur sepeda. Sesekali petugas mengusir ojek online yang mangkal di jalur sepeda itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X