Riza Patria: Hubungan Gerindra dan PDI-P di Jakarta Semakin Baik

Kompas.com - 12/10/2021, 12:09 WIB
Presiden Indonesia ke-5 Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri (tengah) berswafoto  bersama Ketua DPR Puan Maharani (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Soebianto (kiri)  seusai prosesi  Pengukuhan Guru Besar,  di Aula Merah Putih, Universitas Pertahanan, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan. ANTARA  FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp. ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYAPresiden Indonesia ke-5 Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri (tengah) berswafoto bersama Ketua DPR Puan Maharani (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Soebianto (kiri) seusai prosesi Pengukuhan Guru Besar, di Aula Merah Putih, Universitas Pertahanan, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengamini bahwa hubungan antara Gerindra dengan PDI-P semakin harmonis.

Riza yang notabene Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta itu menilai, kesolidan hubungan Gerindra dan PDI-P terjalin pula di tingkat daerah, termasuk di Ibu Kota.

“Hubungan partai, Gerindra dengan PDI-P, semuanya baik. Apalagi Pak Prabowo (Subianto) dan Gerindra bergabung dengan pemeirntah. Tentu hubungannya semakin baik,” kata Riza kepada wartawan pada Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Tak Lagi Menjabat Setelah Oktober 2022, Akankah Anies Dilupakan dalam Bursa Capres 2024?

Gerindra dan PDI-P pernah jadi seteru ketika kedua partai bertarung di Pilpres 2014 dan 2019.

Namun, setelah Pilpres 2019 yang berujung kekalahan kedua bagi Prabowo atas Joko Widodo, hubungan kedua partai berlangsung pulih.

Bahkan, sebagai partai raksasa dengan corak nasionalis, keduanya mulai tampak mesra di tingkat pusat. Hal itu diamini oleh Riza sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hubungannya selalu baik. Nanti boleh tanya Pak Sekjen (Gerindra, Ahmad Muzani),” ujar Riza.

“Gerindra dengan PDI-P, dengan Golkar, PKS, PPP, hubungannya baik,” imbuhnya.

Riza juga bicara soal akan kembali diusungnya Prabowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Baca juga: Politikus PDI-P Tuduh Anies Giring Opini Soal Pilkada Serentak, Wagub DKI Jakarta Bilang Begini

Menurut dia, hal itu sudah menjadi keinginan seluruh kader Gerindra, bukan ambisi Prabowo pribadi.

“Enggak (ambisius). Itu adalah keinginan dari kader, bukan keinginan dari beliau (Prabowo),” kata Riza.

Mengenai persiapan Prabowo sebagai capres 2024, Riza mengklaim belum ada instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai kepada daerah.

“Tidak ada instruksi khusus dari beliau. Saya juga jadi wagub tidak ada instruksi macam-macam. Instruksinya jelas, pastikan jadilah pemimpin yang berpihak pada keadilan, kesejahteraan sosial. Pesannya beliau hanya ‘jangan korupsi’,” ungkap Riza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.