Minggu, 23 November 2014

News / Megapolitan

Pernah Jadi "Cover" Majalah, Kopral Bagyo Tolak Naik Pangkat

Sabtu, 6 Juli 2013 | 20:59 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Kopral Bagyo beristirahat sejenak saat berjalan memutari Tugu Monumen Nasional di Jakarta, Sabtu (06/07/2013). Kopral Bagyo berencana untuk memutari monas selama 25 jam dalam rangka hari ulang tahun Polisi Militer dan kampanye hidup sehat tanpa narkoba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopral Subagyo Lelono sangat terkesan ketika dirinya menjadi cover Gaja Mada, majalah internal Polisi Militer Angkatan Darat. Majalah itu menulisnya sebagai Kopral Langka dari Solo. Sejak saat itu, dia tidak mau naik pangkat karena menyukai sebutan "Kopral Langka".

Pria yang akrab disapa Kopral Bagyo ini menjadi cover majalah Gaja Mada pada 2006. Dia mendapatkan predikat Kopral Langka karena memecahkan rekor MURI dengan push up sebanyak 9.620 kali dalam waktu 24 jam.

"Ya itu, makanya saya tidak mau walaupun dinaikan pangkat. Saya suka dengan sebutan Kopral langka," kata Bagyo kepada Kompas.com, Sabtu (6/7/2013).

Kopral Bagyo menuturkan bahwa institusinya sudah menawarkan kenaikan pangkat untuknya. Namun dengan tegas dia menolaknya. Kala itu, ia ditawari sekolah di Scaba untuk kenaikan pangkat tersebut.

Pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur ini mengaku tidak malu dengan pangkatnya sebagai Kopral. Dia juga tidak malu karena anaknya yang juga menjadi tentara sudah berpangkat Bintara, lebih tinggi dari pangkat sang ayah.

"Saya ditawari sekolah di Scaba, tapi aku enggak mau. Anakku sudah Bintara, tapi ngapain malu. Saya suka Kopral saja," ujar Bagyo.


Penulis: Zico Nurrashid Priharseno
Editor : Ana Shofiana Syatiri