20 Bus Transjakarta Scania Akan Dipamerkan Pada HUT DKI - Kompas.com

20 Bus Transjakarta Scania Akan Dipamerkan Pada HUT DKI

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 14/06/2015, 18:36 WIB
Alsadad Rudi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (dua dari kiri) saat berfoto bersama Duta Besar Swedia untuk Indonesia Ewa Polano (baju merah) di depan bus Scania, di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (8/5/2014)
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 bus transjakarta merek Scania akan dipamerkan di lapangan Monas tepat pada HUT ke-488 DKI Jakarta atau pada 22 Juni 2015 mendatang.
Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, pengadaan 20 unit bus transjakarta ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas transportasi umum di Jakarta.

"Beberapa unit bus itu, saat ini masih berada di karoseri di Semarang," kata Kosasih, saat dihubungi di Jakarta, Minggu (14/6/2015). 

Ke-20 unit bus berbahan bakar gas itu sendiri baru akan beroperasi di Jakarta pada pertengahan bulan Juli 2015. Setelah seluruh surat kendaraan beserta perizinan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rampung.

PT Transjakarta menargetkan tambahan 21 unit bus pada akhir tahun. Sehingga DKI akan memiliki sebanyak 51 unit bus transjakarta Scania di 12 koridor. "Sebetulnya ada 52 buah, tetapi satu buah bus hibah," kata Kosasih.

Satu unit bus Scania dibeli seharga Rp 4 miliar dan tambahan pajak sebesar Rp 450 juta. Semula Pemprov DKI hanya ingin membeli 20 unit bus.

Namun, karena mendapat potongan harga jika membeli di atas 50 unit bus, Pemprov DKI akhirnya membeli dalam jumlah banyak.

Kosasih menjelaskan, pihaknya melakukan penghematan negara hingga Rp 10 miliar karena membeli bus di atas 50 unit. "Kami dapat harga grosir," ujar Kosasih.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKurnia Sari Aziza
EditorDesy Afrianti
Komentar

Close Ads X