Pilihan Acara, Keindahan Piano Fazioli hingga Jalan Menjadi Sineas - Kompas.com

Pilihan Acara, Keindahan Piano Fazioli hingga Jalan Menjadi Sineas

Kompas.com - 20/01/2017, 18:18 WIB
KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Penampilan Ananda Sukarlan tampil dalam pergelaran Rapsodia Indonesia di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta, Kamis (5/2/2015). Dalam pentasnya kali ini, ia akan menyuguhkan rangkaian komposisi yang mengacu pada tema dan lagu rakyat di Indonesia.

Suasana tahun baru masih mewarnai akhir pekan ketiga bulan Januari ini. Pianis Ananda Sukarlan, misalnya, akan menggelar Jakarta New Year Concert pada hari Minggu (22/1). Ananda akan memainkan satu dari 10 piano eksklusif Fazioli dalam konser di Fagetti Building, lantai dua, Kompleks Harco Elektronik Mangga Dua, Jakarta Utara.

Dalam konser bertema "Differences Unite" (Perbedaan itu Menyatukan) tersebut, Ananda akan tampil bersama pemenang Ananda Sukarlan Award 2016 untuk kategori Junior dan Elementary, yakni dua pianis muda, Gabriella Prisca Handoko (16) dan Jesslyn Cheryl Handoko (10), serta soprano Mariska Setiawan. Mariska adalah pemenang kompetisi Tembang Puitik Ananda Sukarlan.

Acara yang akan berlangsung pukul 16.00 ini didukung oleh Helen Gunadi, pemilik The Grand Piano Signature dan Yayasan Musik Sastra Indonesia.

Ananda mengatakan, konser serupa ini pertama kali digelar tahun 2006. Ide awal acara konser ini adalah menggelar perayaan tahun baru di setiap tanggal 1 Januari. "Namun, karena pada tanggal tersebut sebagian besar warga Ibu Kota masih berada di luar Jakarta, maka kami menyelenggarakannya pada pekan selanjutnya," kata Ananda kepada Kompas, Sabtu (14/1).

Tema keberagaman dipilih Ananda karena ia prihatin dengan kondisi masyarakat belakangan ini yang terkesan terbelah.

"Karena kita, saya terutama, melihat situasi akhir-akhir ini yang awalnya teman menjadi tidak berteman, terutama di media sosial. Saya ingin tunjukkan kalau di musik, keberagaman itu justru indah," kata Ananda.

Masih berbau konser. Di @america di Mal Pacific Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, akan digelar konser penghormatan (tribute) terhadap grup rock Mr Big, Sabtu (21/1) malam.

Lagu-lagu grup rock asal Los Angeles, Amerika Serikat, yang sangat populer pada dekade 1990-an ini akan dibawakan oleh kelompok musik Atom Band.

Kelompok Mr Big sendiri beranggotakan Eric Martin (vokal), Paul Gilbert (gitar), Billy Sheehan (bas), dan Pat Torpey (drum).

Pertunjukan ini bisa dinikmati bersama keluarga secara gratis mulai pukul 19.00 hingga pukul 20.30.

Belajar menjadi sineas

Anda suka menonton film atau bahkan ingin belajar membuat film? Bentara Budaya Jakarta di Jalan Palmerah Selatan Nomor 17, Jakarta Pusat, menggelar acara final Festival Film Pendek Indonesia (FFPI) 2016 mulai Jumat (20/1).

Bergabunglah dengan sineas Ifa Isfansyah dan 10 finalis festival tersebut pada pukul 15.00 hingga pukul 16.000. Selanjutnya, pada pukul 18.00 hingga pukul 21.00 akan dilakukan pemutaran film karya 10 finalis. Saksikan juga pengumuman pemenang kompetisi FFPI.

Ifa Isfansyah adalah salah satu sutradara muda yang sarat prestasi. Ia meraih Piala Citra untuk kategori Sutradara Terbaik dalam FFI 2011 untuk filmnya, Sang Penari.

FFPI adalah sebuah kompetisi film pendek yang diadakan untuk menumbuhkan semangat sineas muda Indonesia dalam mencipta film berkualitas dan kaya akan muatan lokal daerahnya masing-masing. Selama dua tahun penyelenggaraan sebelumnya (2014-2015), keterlibatan peserta tinggi dan menghasilkan karya-karya yang cukup membanggakan.

Pada tahun 2016, festival ini khusus mengangkat tema "Humanisme" yang bertujuan merespons aneka rupa persoalan nyata di masyarakat.

Rangkaian festival ini berlangsung sejak Mei 2016 berupa workshop di 10 kota, antara lain Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Gorontalo, Denpasar, Pekalongan, Bandar Lampung, dan Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan kompetisi film pendek yang diikuti pelajar setingkat SMA dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Masih ingin menambah pengetahuan mengenai film dan membuat film lagi? Datanglah ke acara Make an Award-winning Film di @america pada Jumat malam ini.

Bagi mereka yang berminat membuat film atau ingin tahu apa saja yang dibutuhkan untuk sukses di festival film besar, ayo bergabung dan belajar dari para profesional tentang cara membuat film pemenang, seperti Fritz Malindo Wijaya (sutradara Timun Mas), MM Earlene (Kepala Pemasaran dan Promosi Leluga Studio Kaab), dan Al-Farozi (Story Head Leluga Studio). Acara dimulai pukul 18.30 hingga pukul 20.30. (PIN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 20 Januari 2017, di halaman 27 dengan judul "Keindahan Piano Fazioli hingga Jalan Menjadi Sineas".

EditorEgidius Patnistik
Komentar