Hindari Macet Saat Penutupan Simpang Kebon Nanas, Pengendara Motor Naik ke Trotoar - Kompas.com

Hindari Macet Saat Penutupan Simpang Kebon Nanas, Pengendara Motor Naik ke Trotoar

Robertus Belarminus
Kompas.com - 14/03/2017, 09:53 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Penutupan Simpang Kebon Nanas di Jatinegara, Jakarta Timur malah berujung kemacetan lalu lintas. Pengendara sepeda motor khususnya, nekat menaiki trotoar untuk memutar balik. Selasa (14/3/2017)


JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan simpang Kebon Nanas di Jatinegara, Jakarta Timur, menimbulkan kemacetan lalu lintas, Selasa (14/3/2017). Kemacetan itu membuat pengendara sepeda motor nekat naik ke trotoar untuk memutar balik.

Pantauan Kompas.com, kemacetan yang terjadi akibat penutupan persimpangan tersebut berlangsung sekitar pukul 08.00. Puluhan pengendara motor yang hendak memutar balik nekat naik ke atas trotoar.

Peristiwa itu terjadi di Jalan DI Panjaitan dari arah utara yang hendak ke arah selatan atau Cawang. Karena tak bisa berbelok kanan di simpang tersebut, para pengendara motor nekat naik trotoar yang rendah untuk menyeberang ke jalur sebelahnya.

Ada juga pengendara motor yang terjatuh saat berusaha naik ke trotoar.

Kemacetan akibat penutupan simpang Kebon Nanas terjadi mulai lampu lalu lintas Penas Kalimalang hingga ke simpang Kebon Nanas.

Sejumlah pengendara motor mengeluh karena baru tahu mengenai penutupan persimpangan itu.

"Kalau bisa jangan ditutup, petugas aja jagain empat orang setiap pagi di simpang itu kalau mau enggak macet," kata seorang pengendara motor yang menerobos trotoar, di Kebon Nanas.

Petugas polisi dan Dishub DKI akhirnya menjaga trotoar yang dinaiki para pengendara motor tersebut serta mengarahkan pengendara motor yang nekat itu untuk memutar di putaran balik lampu merah Penas Kalimalang.

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta menutup simpang Kebon Nanas dalam rangka uji coba rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di persimpangan tersebut.

Simpang yang ditutup tersebut menghubungkan Jalan Kebon Nanas-Jalan Otista III-Jalan DI Panjaitan. Pengguna jalan dari arah utara yang akan berbelok ke kanan menuju Jalan Otista III diarahkan lurus untuk berputar di u-turn setelah halte Transjakarta Penas Kalimalang, baru kemudian bisa masuk kembali ke Jalan Otista III.

Pengguna jalan dari arah selatan (Cawang) yang akan berbelok ke kanan menuju Jalan Kebon Nanas akan diarahkan lurus untuk berputar di u-turn depan kantor Kecamatan Jatinegara, baru kemudian bisa masuk ke Jalan Kebon Nanas.

Pengguna jalan dari arah timur atau Jalan Kebon Nanas yang akan berbelok kanan menuju Jatinegara maupun ke Jalan Otista III diarahkan belok ke kiri di Jalan DI Panjaitan, kemudian berputar ke u-turn setelah halte Transjakarta Penas Kalimalang.

Begitu juga sebaliknya, pengguna jalan dari arah barat atau Jalan Otista III yang akan belok kanan menuju Cawang ataupun lurus ke Jalan Kebon Nanas, diarahkan belok kiri di Jalan DI Panjaitan, kemudian berputar di u-turn depan Kecamatan Jatinegara.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, penutupan Simpang Kebon Nanas dilakukan untuk merespons keluhan masyarakat akan kemacetan akibat persimpangan itu.

"Ini keluhan masyarakat terkait makin macetnya kondisi di simpang Kebon Nanas," kata Andri.

(baca: Penutupan Simpang Kebon Nanas Diuji Coba Selama Sepekan)

Rekayasa tersebut, lanjut Andri, bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti. Selain karena faktor kemacetan, Andri mengatakan penutupan Simpang Kebon Nanas itu karena adanya proyek pengerjaan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

PenulisRobertus Belarminus
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM