Soal Bantuan Dana untuk Ormas, Anies Sebut Ada Kriteria - Kompas.com

Soal Bantuan Dana untuk Ormas, Anies Sebut Ada Kriteria

Alsadad Rudi
Kompas.com - 20/03/2017, 18:10 WIB
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan silaturahim dengan warga di Yayasan Fathimah Al-Mansuriyah, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (16/3/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, menyebut ada kriteria khusus untuk organisasi kemasyarakatan (ormas) yang akan mendapat dana bantuan jika dirinya terpilih menjadi gubernur.

Namun, Anies belum mau menyebutkan kriteria khusus yang dimaksudnya itu.

"Tentu ada kriteria. Tapi tidak bisa saya sebut sekarang. Nanti kalau sudah dilantik," ujar Anies, saat ditemui di rumahnya, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Hal itu disampaikan Anies terkait janjinya yang ingin memberi bantuan dana untuk ormas di Jakarta yang sumbernya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Menurut Anies, pernyataannya itu disampaikan saat dirinya bertemu dengan Muslimat NU Jakarta Utara pada pekan lalu. Saat itu, Anies menyebut pengurus Muslimat NU menyampaikan bahwa mereka tidak pernah mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi saya sampaikan, Insya Allah Muslimat NU dan ormas-ormas itu akan mendapat perhatian karena memang ini organisasi yang memiliki basis massa, yang memiliki kegiatan dan kegiatannya positif kok," ujar Anies.

(baca: Anies Sambut Baik Keinginan Ormas Jaga TPS Saat Pencoblosan)

Saat bertemu dengan Anies di Jalan Fort Barat, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/3/2017), Ketua Cabang Muslimat NU Jakut Nuraini Syaefullah mengatakan selama ini organisasinya memiliki keterbatasan dana sehingga program mereka sering tak berjalan.

"Jadi kegiatan NU di cabang tidak pernah mendapatkan dana dari pusat. padahal di dalamnya banyak SDM mumpuni dan program kemasyarakatan dan keagamaan yang ingin dilakukan. Karena keterbatasan dana, jadi program sering tak berjalan," ujar Nuraini.

(baca: Anies Isyaratkan Dapat Dukungan dari Ormas di Bawah Bamus Betawi)

Kompas TV Sapa Kandidat Sandiaga Uno (Bag 2)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlsadad Rudi
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X