Ajak Anies Susun APBD, Ahok Ingin Janji Politik Anies-Sandi Terpenuhi - Kompas.com

Ajak Anies Susun APBD, Ahok Ingin Janji Politik Anies-Sandi Terpenuhi

Jessi Carina
Kompas.com - 20/04/2017, 10:07 WIB
KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan calon gubernur Anies Baswedan bertemu di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Kamis (20/4/2017). Usai pertemuan tertutup di ruang tamu, pria yang akrab disapa Ahok itu membeberkan apa yang dia bicarakan dengan Anies.

Ahok mengatakan mereka berbicara soal penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Ahok mengajak Anies dan tim anggarannya untuk ikut memantau proses penyusunannya.

"Saya sampaikan pada Pak Anies, ini kan APBD Perubahan saya yang susun, tentu kita mesti duduk bareng. Ini mesti disampaikan ke partai pendukungnya jangan sampai nanti deadlock," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Ahok berharap DPRD DKI juga bisa mendukung penyusunan APBD DKI nanti. Jangan sampai muncul pokir-pokir yang bukan untuk kepentingan rakyat dalam APBD-P 2017 dan APBD DKI 2018 nanti.

Ahok tidak ingin Anies dan Sandi mengalami kesulitan karena program-program mereka selama masa kampanye tidak masuk dalam APBD karena banyak pokir.

"Saya sudah minta tim anggaran Pak Anies kirim ke sini deh. Kan kita open data, kita duduk bareng, kita susun mana yang harus cepat, supaya begitu (Anies-Sandi) masuk, bisa memenuhi janji-janjinya," ujar Ahok.

Ahok memang seringkali berselisih pendapat dengan DPRD DKI tiap penyusunan APBD. Bahkan, pembahasan APBD sempat deadlock pada 2015. Ketika itu, Pemprov DKI akhirnya menggunakan APBD dengan pergub bukan perda.

Ahok mengatakan dia tetap berani membuat pembahasan APBD berujung deadlock kembali jika DPRD DKI meminta banyak pokir.

"Tapi kasihan Pak Anies kan," ujar Ahok.

Baca: Janji Non-program Anies-Sandi: Hentikan Reklamasi hingga Tutup Alexis

APBD DKI 2018 biasanya sudah mulai disusun sejak bulan ini dalam bentuk Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Sementara itu, APBD Perubahan juga akan segera dibahas.

Namun, masa pemerintahan Ahok dan Djarot baru selesai pada Oktober 2017. Anies dan Sandi pun belum bisa turun tangan langsung dalam penyusunan APBD tersebut. Ahok mengajak Anies untuk ikut duduk bersama dalam proses penyusunan agar janji politik Anies-Sandi bisa segera terwujud.

Kompas TV Anies: Anies-Sandi Mengabdi untuk Jakarta

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X