Seloroh Ahok soal Pleidoinya yang Akan Mirip Pleidoi Bung Karno - Kompas.com

Seloroh Ahok soal Pleidoinya yang Akan Mirip Pleidoi Bung Karno

Jessi Carina
Kompas.com - 20/04/2017, 20:38 WIB
POOL / ANTARA FOTO / MUHAMMAD ADIMAJA Terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengikuti sidang lanjutan yang digelar PN Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017). Dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan Ahok bersalah dan dipidana 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan dia akan mulai melihat-lihat draft pleidoinya malam ini.

Pleidoi atau nota pembelaan tersebut akan dibacakan dalam persidangan kasus dugaan penodaan agama pekan depan.

"Nanti malam baru mau lihat (pleidoinya)," ujar Basuki atau Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/4/2017).

Ahok mengatakan, pengacara yang akan menyusun pleidoi. Namun, isi dari pleidoi tetap berasal dari dia sendiri.

Ahok mengatakan dia telah memberikan poin-poin yang akan dimasukan dalam pleidoi. Sambil berseloroh, dia mengatakan pleidoinya akan seperti milik Presiden pertama RI Soekarno.

"Aku sudah kasih tahu (pengacara) poin-poinnya mau ngomong apa. Tinggal nyontek ini, nyontek ini. Kayak pleidoi Bung Karno kan, he-he-he," ujar Ahok.

Baca:  Artinya Ahok Dituntut 1 Tahun Penjara dengan 2 Tahun Masa Percobaan

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) sidang kasus dugaan penodaan agama menyatakan terdakwa Ahok bersalah.

Jaksa menuntut Ahok dengan hukuman pidana 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Tuntutan dibacakan dalam sidang ke-20 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

"Perbuatan saudara secara sah dan meyakinkan telah memenuhi unsur 156 KUHP, oleh karena itu terdakwa harus dijatuhi pidana 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun," kata JPU Ali Mukartono di hadapan majelis hakim, Kamis siang.

Persidangan akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacaan pleidoi.

Baca: Apa Kata Ahok Usai Dituntut 1 Tahun Penjara?

Kompas TV Jaksa penuntut umum menggunakan dakwaan alternatif dalam tuntutannya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisJessi Carina
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X