Pasar Ramadhan, Persembahan dari Tiga Kota - Kompas.com

Pasar Ramadhan, Persembahan dari Tiga Kota

Kompas.com - 16/06/2017, 19:11 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Warga membeli makanan untuk berbuka puasa di lahan kosong sebelah tempat penampungan sementara Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Senin (5/6/2017). Pasar Ramadhan ini mulai buka sekitar pukul 11.00 sampai dengan buka puasa.

Himpunan Alumni IPB setiap akhir pekan selama bulan Ramadhan ini menyelenggarakan Pasar Ramadhan HA IPB 2017 di Gedung Alumni IPB di Jalan Pajajaran Nomor 54, Kota Bogor. Lokasi gedung tidak jauh dari Tugu Kujang, tepatnya di samping pul bus Damri Botani Square.

Pada akhir pekan besok (17-18/6), Pasar Ramadhan juga diisi acara pelatihan hidroponik yang berlangsung pukul 10.00 hingga pukul 12.00.

"Pelatihan ini tidak dipungut biaya. Peminat cukup memberi tahu di nomor telepon 08563664779," kata Zainudin, penanggung jawab pelatihan tersebut, Kamis (15/6).

Menurut Zainudin, peminat tidak perlu membawa peralatan apa pun karena pihaknya akan menyediakan contoh dan peralatan untuk mendemonstrasikan pembuatan hidroponik. Peminat tinggal menyimak, mencatat, atau memotret teknik pembuatan hidroponik.

Jika nantinya berminat menerapkan atau membuat hidroponik di rumah, gerai City Farm dan Creative Agriculture Management menyediakan berbagai peralatan mempraktikkan hidroponik, termasuk bibit-bibit sayuran yang cocok.

"Ada beberapa teknik membuat hidroponik. Nanti akan didemokan dari yang paling sederhana sampai menengah. Untuk yang lebih canggih atau skala luas, bisa berkonsultasi lanjut," katanya.

Zainudin menambahkan, selama Pasar Ramadhan Himpunan Alumni IPB 2017, dijual juga produk-produk pangan untuk kebutuhan Lebaran, dari daging sapi segar sampai kue kering. Daging sapi segar dijual Rp 80.000 per kilogram. Daging sapi beku harganya Rp 80.000 per kg dan Rp 90.000 per kg. Pasar Ramadhan dibuka pukul 08.00-18.00.

"Pesertanya adalah usahawan alumni IPB dan masyarakat umum," katanya.

Kota Bekasi

Di Kota Bekasi, akhir pekan ini terdapat acara Bekasi Festival Ramadhan 2017 yang digelar hari Minggu (18/6). Festival yang diadakan di Mal Revo Town Square tersebut dibuka pukul 10.00 hingga pukul 18.00. Acara ini berisi beragam kegiatan, di antaranya kontes hijab, kompetisi fotografi on the spot, lomba mewarnai untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) atau usia 4-5 tahun, serta talkshow untuk kalangan remaja.

Festival yang digelar Fakultas Komunikasi Universitas Islam 45 Bekasi tersebut juga disertai kegiatan amal, berupa santunan kepada 100 anak yatim dan warga miskin.

Jakcloth Lebaran

Di Jakarta, bagi yang mencari kaus, jaket, tas, hingga dompet bisa mampir ke Jakcloth 2017 Lebaran di Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Kegiatan dengan banyak sponsor itu sudah dibuka Rabu (14/6) dan berakhir Rabu (21/6). Pintu dibuka pukul 13.30 pada Senin-Jumat dan pukul 12.30 pada Sabtu-Minggu.

Dengan harga tiket masuk Rp 20.000 per orang, pengunjung bisa menjelajahi gerai 300 merek yang siap memberikan penawaran terbaik. Selain berbelanja, pengunjung juga dapat menikmati hiburan artis dan band terkenal, di antaranya Raisa, Naif, Gigi, The Changcuters, D'Masiv, dan Mocca.

Selain bisa bersantai sembari menyaksikan penampilan solois maupun band penampil, dengan tambahan Rp 48.000, pengunjung bisa menikmati empat es krim berbagai rasa. Atau, silakan memilih banyak tawaran seru lainnya.

Di sana, ada juga puluhan gerai sponsor di luar merek clothing sebagai penunjang gaya hidup. Mereka menawarkan dan memberi daya tarik, hadiah, dan bonus. Sejumlah permainan juga disiapkan sejumlah gerai sponsor dengan hadiah-hadiah yang disiapkan.

(RTS/ILO/PIN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 16 Juni 2017, di halaman 27 dengan judul "Pasar Ramadhan, Persembahan dari Tiga Kota".

EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM