Pemprov DKI akan Bangun Jembatan Penghubung Kalijodo-Kolong Tol Pluit - Kompas.com

Pemprov DKI akan Bangun Jembatan Penghubung Kalijodo-Kolong Tol Pluit

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 30/06/2017, 13:32 WIB
Kompas.com/Andri Donal Putera Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bermain ayunan saat berkunjung ke RPTRA/RTH Kalijodo, Jakarta Utara, Jumat (30/6/2017) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI berencana membangun jembatan untuk menghubungkan RPTRA/RTH Kalijodo dan kawasan kolong tol Pluit.

Lokasi RPTRA/RTH Kalijodo dan kolong tol Pluit berseberangan dipisahkan Kali Angke. 

Jembatan itu nantinya berfungsi untuk mempermudah pengunjung Kalijodo yang memarkirkan kendaraannya di bawah kolong tol Pluit.

"Kami siapkan tempat parkir tambahan di seberang sana, lalu akan disiapkan satu jembatan yang bagus, sehingga seluruh pengunjung bisa masuk ke kolong tol," kata Djarot saat memberi pemaparan di hadapan pengurus RPTRA/RTH Kalijodo, Jumat (30/6/2017) pagi.

(Baca: Usai Penertiban Bangunan Liar, Kolong Tol Pluit Dijaga 24 Jam)

Perihal jembatan penyeberangan ini sebelumnya sudah sempat dibahas di rapat pimpinan.

Djarot menuturkan, pihaknya akan mempercepat pembahasan lebih lanjut soal jembatan agar bisa segera dibangun dan dimanfaatkan pengunjung Kalijodo.

Kompas.com/David Oliver Purba Kondisi kolong tol dekat RPTRA Kalijodo usai banguna semi-permanen dibongkar oleh petugas gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP DKI Jakarta, Rabu (14/6/2017)
Mengenai kolong tol Pluit yang dulunya ditempati bangunan liar semipermanen, Djarot meminta dinas terkait dan kelurahan setempat untuk menjaga kawasan itu 24 jam.

Nantinya, lahan di kolong tol Pluit akan dijadikan area parkir kendaraan bagi pengunjung RPTRA/RTH Kalijodo.

(Baca: Anies Enggan Komentari Penertiban Bangunan Liar di Kolong Tol Kalijodo)

Sampai hari ini, sebagian area RPTRA/RTH Kalijodo masih dimanfaatkan sebagai tempat parkir kendaraan pengunjung.

Nantinya, seluruh kendaraan akan diparkir di kolong tol Pluit. Dan area RPTRA/RTH Kalijodo akan steril dari kendaraan bermotor.

Kompas TV Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Kalijodo di Jakarta Utara menjadi salah satu titik keramaian warga Ibu Kota saat berlibur Lebaran.

PenulisAndri Donnal Putera
EditorKrisiandi
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM