Berkat Perintah Anies, Dua Ekskavator Bisa Keruk Lumpur Kali Krukut - Kompas.com

Berkat Perintah Anies, Dua Ekskavator Bisa Keruk Lumpur Kali Krukut

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 15/11/2017, 15:07 WIB
Alat berat melakukan pengerukan Kali Krukut, Rabu (15/11/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Alat berat melakukan pengerukan Kali Krukut, Rabu (15/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan untuk membongkar tembok salah satu hotel di bantaran Kali Krukut. Berkat pembongkaran itu, kini dua ekskavator amfibi bisa mengeruk lumpur di dasar kali tersebut.

Pengamatan Kompas.com, Rabu (15/11/2017), pengerukan Kali Krukut berada di sisi Jalan Wolter Monginsidi, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lokasi Kali Krukut yang dikeruk ini merupakan perbatasan antara Kecamatan Mampang dan Kecamatan Kebayoran Baru.

"Pengerukan pertama itu pertama dilakukan tanggal 2 November 2017. Satu dulu amfibi-nya, setelah tiga hari baru jadi dua amfibi," kata Asep (40), salah seorang Satgas Sudin Sumber Daya Air Jakarta Selatan, kepada Kompas.com.

Seorang warga berdiri di atas timbunan lumpur Kali Krukut.Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Seorang warga berdiri di atas timbunan lumpur Kali Krukut.

Menurut Asep, diterjunkannya dua amfibi untuk mengeruk Kali Krukut untuk mempercepat proses pengerukan. Sebab, Kali Krukut yang melintas di Jalan Wolter Monginsidi masih dalam keadaan dangkal atau kurang dari satu meter.

"Aliran air sih lancar sebelum dan sesudah dikeruk, tapi pas ini belum dikeruk itu dangkal banget. Paling cuma selutut saya. Ini kan dikeruk biar lebih dalam, bisa menampung air lebih banyak, jadi bisa menampung air dari atas," kata Asep.

Pengerukan Kali Krukut terakhir dilaksanakan pada 2015 oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kali Krukut dikeruk kembali menyusul tewasnya seorang warga akibat luapan air Kali Krukut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pengerukan Kali Krukut, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017) siang.Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pengerukan Kali Krukut, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017) siang.

Pada Selasa (14/11/2017) kemarin, Anies mengatakan pihaknya telah membongkar bangunan-bangunan yang barada di bantaran Kali Krukut karena tak punya izin. Salah satu yang dibongkar adalah tembok salah satu hotel.

Setelah bangunan-bangunan tersebut dibongkar, alat berat bisa masuk ke dalam Kali Krukut untuk mengeruk lumpur yang ada di dasar kali.

Kondisi tembok Hotel Neo yang dihancurkan untuk akses alat berat mengeruk Kali Krukut.Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Kondisi tembok Hotel Neo yang dihancurkan untuk akses alat berat mengeruk Kali Krukut.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM