Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ancol Taman Impian di antaranya yang akan menggelar shalat Id bersama pada Hari Raya Idul Fitri. Shalat bersama itu digelar di dalam area wisata tersebut.

Manajer Informasi TMII Suryandoro, mengatakan, shalat Id di TMII akan digelar di kawasan Tugu Api Pancasila. Oleh karena itu, loket masuk akan dibuka dari pukul 06.00 agar jemaah dapat masuk ke area shalat. Seperti pada umumnya, shalat Id akan digelar sebelum pukul 07.00.

”Tidak dipungut bayaran tiket untuk jemaah yang shalat Id,” kata Suryandoro, Selasa (6/8/2013).

Seusai shalat Id, lanjutnya, TMII akan menggelar pertunjukan beduk di delapan penjuru di TMII yang berlangsung selama delapan jam dan akan dimulai pada pukul 08.00. Pergelaran beduk ini ditargetkan mendapat rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Para pengunjung yang ingin menyaksikan pergelaran beduk akan dikenai tiket masuk TMII seperti biasa. ”Mulai pukul 08.00 pula kami buka loket penjualan tiket masuk,” kata Suryandoro.

Sementara di Ancol Taman Impian, shalat Id akan digelar di area parkir Ecopark. Menurut Manajer Promosi PT Pembangunan Jaya Ancol Sofia Cakti, shalat Id di Ancol tahun ini merupakan yang kesekian kali. Biasanya para jemaah adalah warga sekitar, meliputi warga Pademangan dan kawasan Jalan Lodan.

”Jemaah shalat Id dipersilakan masuk ke Ancol tanpa perlu membayar tiket,” kata Sofia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun selama liburan Idul Fitri ini, Ancol Taman Impian menyajikan beberapa tontonan dan atraksi bertajuk ”Gempita Kemenangan”. Pertunjukan bertema Timur Tengah, Fantastic Middle East Show, akan digelar di Dufan dua kali sehari, Rabu hingga Sabtu (7-17/8).

Pengelola Ancol juga menggelar sejumlah pentas di wahana Ocean Dream Samudra, antara lain Spongebob Squarepants ”The Great Jelly Rescue” serta pentas teater bawah air dan aneka pentas lain di Wahana Teater 4D. Ada pula pentas Di Atas Rata-rata, proyek musisi Erwin Gutawa dan Gita Gutawa, yang menampilkan penyanyi cilik dan dua grup vokal cilik. Mereka akan tampil di panggung kolam ombak Atlantis Water Adventures pada 10-11 Agustus dan 17-18 Agustus pukul 15.00-16.00.(MKN/MDN/NDY/RTS)