Jual Daging Kerbau, Sopir Angkot Raup Untung Rp 200 Juta Sehari

Kompas.com - 25/07/2014, 20:49 WIB
Arif, penjual daging kerbau di Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (25/7/2014). Kompas.com/Abba GabrilinArif, penjual daging kerbau di Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (25/7/2014).
|
EditorDesy Afrianti
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Arif (37), menjual daging kerbau jelang hari raya Idul Fitri merupakan tradisi keluarga yang diturunkan oleh ayahnya sejak tahun '60-an.

Bertempat di pinggir Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pria yang sehari-hari bekerja sebagai sopir angkutan umum tersebut, bisa meraup keuntungan hingga Rp 200 juta per hari.

"Lapak Haji Asmawi" begitu sebutan para pembeli yang telah menjadi langganan Arif dan ayahnya selama bertahun-tahun.

Meski mampu mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar, tradisi menjual daging kerbau tersebut hanya dilakukan tiga hari sebelum Hari Raya.

Pembeli yang datang berasal dari beberapa wilayah, di antaranya Kembangan, Srengseng, Kampung Rawa, dan Rawa Belong, Jakarta Barat. "Dari tahun 1960-an, kami sudah menjual daging kerbau di tempat ini sebelum Lebaran. Jadi maklum, nama ayah saya sudah dikenal banyak orang," ujar Arif, Jumat (25/7/2014).

Saat ditemui Jumat sore, Arif yang berjualan sejak pukul 09.00 pagi, telah berhasil menjual lima ekor kerbau. Untuk 1 kilo gram daging kerbau, Arif menjualnya seharga Rp 170.000.

Meskipun terbilang cukup mahal, Arif mengaku tak khawatir dagangannya tidak laku. Menurutnya, menyantap hidangan daging kerbau saat Lebaran, merupakan tradisi yang wajib dilakukan oleh masyarakat Betawi.

"Meskipun mahal, tetap diburu oleh orang Betawi, biasanya dipadukan dengan sayur ketupat, atau semur daging," kata Arif.

Di tempat tersebut, pembeli bisa melihat langsung proses penyembelihan kerbau, sehingga bisa memastikan sendiri kondisi daging kerbau yang masih segar. "Tak perlu khawatir dengan kondisi daging yang dijual. Di sini, bahkan pembeli bisa lihat proses penyembelihan kerbau," ujarnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X