Air Patung Arjuna Wijaya Kembali Mancur - Kompas.com

Air Patung Arjuna Wijaya Kembali Mancur

Kompas.com - 11/01/2015, 20:04 WIB
Alsadad Rudi Kondisi terkini Patung Arjuna Wijaya yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, setelah sebelumnya mengalami renovasi selama hampir tiga bulan, Minggu (11/1/2015). Tampak air mancur di patung tersebut telah kembali memancurkan air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sejak awal Oktober direnovasi, Patung Arjuna Wijaya dibuka kembali Minggu (11/1/2015) sore. Patung mengalami beberapa perubahan, diantaranya adanya penambahan bayangan gerak kuda, perbaikan instalasi air mancur, dan tempat untuk berpose di bagian depan patung.

Prosesi pembukaan kembali Patung Arjuna Wijaya pasca-renovasi dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama. Didampingi perancang patung Nyoman Nuarta dan jajaran direksi BanK OCBC selaku pihak yang melakukan renovasi, Ahok menekan tombol yang dibarengi dengan menyemburnya air mancur.

Patung Arjuna Wijaya diresmikan pertama kali pada 1987. Patung tersebut menggambarkan Arjuna dan Batara Kresna sedang berada di kereta kuda dalam pertempuran melawan Adipati Karna.

Sang kreator, Nyoman Nuarta mengatakan, Patung Arjuna Wijaya merupakan patung yang menyimbolkan bahwa hukum harus ditegakan tanpa pandang bulu. Hal itu dilatarbelakangi cerita patung yang menggambarkan pertempuran Arjuna melawan Adipati Karna yang notabene saudaranya sendiri.

"Arjuna pada awalnya ragu karena yang dilawan adalah saudaranya sendiri. Tapi dia harus menentukan sikap, demi kebaikan orang yang lebih banyak, dia harus mengalahkan Adipati Karna yang berdiri di pihak Kurawa," tutur Nyoman.

Arjuna Wijaya sendiri adalah ungkapan kata dari kemenangan Arjuna dalam membela kebenaran dan keberaniannya secara simbolis memberikan apresiasi terhadap sifat-sifat kesatriaannya.


EditorHeru Margianto

Close Ads X