Kompas.com - 05/01/2016, 14:48 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri
JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu klenteng tertua di Jakarta, Vihara Dharma Bakti yang terbakar Maret 2015 lalu akan dibangun kembali. Apalagi, klenteng itu termasuk cagar budaya.

"Segera (perbaikannya), karena kami termasuk cagar budaya yang dilindungi. Kami boleh segera membangun pondasi dan lain-lain," kata Ketua Umum Yayasan Dharma Bakti Tan Adipranata, seusai bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Selasa (5/1/2016). 

Tan mengatakan, menurut Basuki, pembangunan kembali Vihara Dharma Bakti terbebas dari aturan tata kota perihal pelebaran jalan.

Selain itu, Basuki juga menjanjikan kemudahan administrasi pembangunan Vihara Dharma Bakti.

"Kami akan peletakkan batu pertama tanggal 18 Januari. Awalnya, ada perencanaan tata kota, dari jalan sampai bangunan sekitar 9 meter. Tapi sekarang kami terkecuali dan bebas tidak membangun jalan," kata Tan.

Adapun anggaran pembangunan Vihara Dharma Bakti berasal dari patungan jamaah. Yayasan tidak meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membangun vihara tersebut.

Tan mengatakan, vihara akan dibangun sesuai bentuk serta desain semula. Hanya saja, di sisi belakang vihara akan dibangun bertingkat. Sebab, jamaahnya sudah semakin banyak dan kegiatannya juga lebih padat.

Kepala Dinas Tata Kota Iswan Ahmadi berjanji bakal mempermudah izin rehabilitasi total pembangunan Vihara Dharma Bakti.

"Monggo, silakan bangun sesuai bangunan aslinya. Pembiayaannya juga dari mereka, saya dengar ada loan (kredit) segala macam," kata Iswan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.