Polisi Diminta Tingkatkan Kemampuan demi Cegah Modus Penyelundupan Narkoba

Kompas.com - 21/07/2016, 20:49 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto saat diwawancarai awak media di Mapolda Metro Jaya, Selasa (24/5/2016). Akhdi martin pratamaKapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto saat diwawancarai awak media di Mapolda Metro Jaya, Selasa (24/5/2016).
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto meminta jajarannya meningkatkan kemampuan pemberantasan jaringan narkoba. Hal tersebut lantaran para pengedar narkoba semakin canggih modusnya dalam menyelundupkan barang haram itu.

"Modus semakin tahun semakin berubah terus, tapi hal itu tergantung dari bagaimana mereka melihat situasi," kata Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (21/7/2016).

Ia mengungkapkan, peredaran narkotika di Indonesia terus meningkat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengungkapan kasus yang sudah dilakukan jajaran Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

"Yah pasti setiap tahun begitu terus, kami sudah banyak ungkap tapi kenyataannya masih ada terus. Jadi kesimpulannya barang itu banyak beredar di wilayah kami," kata dia.

Menurut Moechgiyarto, peredaran narkoba disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga punya banyak pelabuhan-pelabuhan tidak resmi.

"Negara kita yang terdiri dari kepulauan yang membuat banyaknya masuk barang haram itu ke negara kita. Pelaku melihat banyaknya pelabuhan rakyat yang tak terjangkau oleh kami. Itu modus-modus yang biasa dipakai oleh mereka," kata Moechgiyarto.

Untuk memutus mata rantai peredaran narkoba di Indonesia, ia mengatakan pihak kepolisian sudah melakukan berbagai razia. Selain itu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap bahaya narkoba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.